Studi Eksploratori Motif Konsumen Membeli Alas Kaki Bermerek Crocs di Surabaya

Susanto, Lidya Natalia (2009) Studi Eksploratori Motif Konsumen Membeli Alas Kaki Bermerek Crocs di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4573_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4573_Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132872

Abstract

La tar belakang pemilihan topik "motif' , karena motif merupakan hal yang mendasar yang melatar belakangi perilaku yang tersembunyi dalam diri individu, , dimana setiap individu mempunyai keinginan dan kebutuhan yang berbeda-beda, oleh karena itu penting untuk mengetahui motif yang mendasari individu dalam melakukan tindakan dalam membeli dan menggunakan suatu produk. Adapun konsep teori yang digunakan adalah Loudon dan Della Ditta (1993;322) "Motive as an inner state that mobilizes bodily energy and direct it in selective foshion toward goals usually located in the external environmenf' dan dapat disesuaikan dengan k.lasifikasi motif ·Me. Guire (Loudon dan Ditta, 1993:327), secara luas dengan membahas pengaruh motivasi pada perilaku konsumen dengan metode pembanding yang menggunakan empat kutub ganda kecenderungan motif (Four Two-Polar Motives Tendencies). Sumber data yang digunakan adalah data primer melalui depth interview dengan tekhnik pengambilan sample Judmental Sampling. Prosedur pengambilan data dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan menggunakan media tape recorder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Dengan melakukan open coding, axial coding, selective coding. Berdasarkan hasil analisis diatas sebagian besar responden membeli dan menggunakan alas kaki bermerek Crocs disebabkan oleh motif kognitif dan motif eksternal. Kemudian dapat ditarik lebih dalam lagi bahwa I 6 motif tersebut yang paling benar-benar mendominasi responden adalah motif Consistensy dan Motif Attribution. Melihat keseluruhan analisis tersebut sesuai dengan kalsiftkasi motif yang digunakan yaitu klasifikasi motif Me Guire. Berdasarakan hal tersebut maka dapat ditemukan yaitu terdapat kecenderungan untuk memiliki motif yang berbeda-beda pada setiap individu dalam membeli dan menggunakan alas kaki bermerek Crocs. Maka dapat diberikan rekomendasi berdasarakan analisis kualitatif yaitu penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan penelitian selanjutnya untuk dapat melukukan penulisan dengan level yang lebih tinggi yaitu penulisan deskriptif, konklusif deskriptif, atau kausal sehingga hasilnya lebih jelas dan dapat menjadi perumusan rekomendasi kepada Crocs secara lebih meyakinkan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Motif Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:11
Last Modified: 21 Sep 2015 04:11
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25518

Actions (login required)

View Item View Item