Market Research Compost Studi Perilaku Konsumen Kompos untuk Mengetahui Potential User dan Potential Partner Studi Kasus Forward

Wijaya, William (2015) Market Research Compost Studi Perilaku Konsumen Kompos untuk Mengetahui Potential User dan Potential Partner Studi Kasus Forward. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MM_409_Abstrak.pdf

Download (121Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/239063

Abstract

Penelitian kali bertujuan untuk mengetahui kondisi pasar kompos yang ada di pasaran saat ini khususnya yang berada di daerah Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Gresik, Jawa Timur. Untuk mengetahui kondisi pasar yang ada, dilakukanlah sebuah market research untuk mengetahui keadaan pasar dan karakteristik pasar yang dihadapi. Penelitian ini merupakan studi kasus untuk FORWARD di EAWAG yang digunakan untuk mendukung program pengelolaan limbah padat organik perkotaan menjadi salah satu bentuk produk konversi yaitu kompos. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut, pada penelitian ini dibahas mengenai siapa sajakah potential user dan potential partner untuk produk kompos dan/atau produk subsitusi sejenis yang ada dipasaran saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data didapatkan dari hasil observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan analisis dokumen. Informan dari penelitian ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu subjek penelitian kategori fertilizer retailer, user¸dan fertilizer and compost maker. Dalam penelitian ini dibahas mengenai jenis dan merek pupuk dan/atau produk subsitusi sejenis yang paling laku dipasaran, pendapat para informan tentang penerimaan produk baru, dan berhubungan dengan potensi pasar kompos yang ada saat ini. Dari penelitian kali ini didapatkan hasil bahwa, yang bisa dijadikan sebagai potential user adalah para petani khususnya petani daerah desa Wajak, Malang Selatan tetapi harus melakukan kerjasama terlebih dahulu dengan toko pertanian setempat dan Koperasi Unit Desa yang ada, dan para fertilizer retailer, dengan catatan produk baru yang ditawarkan harus sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan para penjual tanaman hias dan pupuk. Sedangkan yang bisa dijadikan sebagai potential partner adalah para fertilizer retailer, PT. Petrokimia, Kebun Binatang Surabaya, dan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Desa Janti, Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: compost, fertilizer retailer
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 12 Oct 2015 08:25
Last Modified: 12 Oct 2015 08:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25650

Actions (login required)

View Item View Item