Pembuatan Corporate Branding Sentosa Mini Market

Wijaya, Veronica Resa Surya (2015) Pembuatan Corporate Branding Sentosa Mini Market. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
MMD_158_Abstrak.pdf

Download (62Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/239941

Abstract

Sentosa mini market merupakan sebuah usaha baru yang bergerak dalam bidang perdagangan terutama menyediakan kebutuhan sehari-hari. Sebuah usaha baru membutuhkan corporate branding yang baik. Corporate branding adalah serangkaian proses untuk membangun nama perusahaan menjadi merek atau brand. Maka dengan adanya corporate branding, Sentosa mini market mampu dikenal dan dibedakan dengan perusahaan lain yang bergerak dalam bidang yang sama. Pembuatan corporate branding diawali dengan melakukan analisis terhadap faktor internal dan ekstenal mini market untuk memperoleh keunikan mini market. Dari analisis, diperoleh kesimpulan permasalahan yang sedang dihadapi dan kebutuhan yang diperlukan. Setelah memperoleh sebuah identitas yang tepat bagi Sentosa mini market dibuatlah konsep desain corporate branding secara keseluruhan. Konsep desain diterapkan mulai dari logo, tagline, warna perusahaan, tipografi, maskot dan elemen grafis serta pada media penerapan corporate branding. Berdasarkan pada hasil analisis dibuatlah lambang perusahaan dan media penerapan lambang perusahaan seperti: Graphic Standart Manual (GSM), brosur, nota, katalog manual, seragam karyawan, dekorasi ruangan, bumper video dan website dinamis. Uji coba dilakukan dengan melakukan verifikasi pada keselurahan media penerapan lambang perusahaan. Kemudian dilakukan validasi dengan menggunakan kuisioner kepada responden yang menjadi target pasar dari Sentosa mini market dan pihak perwakilan perusahaan. Setelah melakukan proses uji coba dapat disimpulkan bahwa corporate branding telah diterapkan secara konsisten pada seluruh media perusahaan sehingga mudah untuk diingat. Selain itu semua informasi pada media penerapan lambang perusahaan lengkap dan mudah dipahami. Adanya website juga mempermudah target pasar dalam melakukan proses pemesanan barang.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: corporate branding, graphic standart manual
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 26 Oct 2015 02:31
Last Modified: 26 Oct 2015 02:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25766

Actions (login required)

View Item View Item