Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Billiard

Handali, Hendrik (2008) Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Billiard. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_1092_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_1092_Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133973

Abstract

Tugas akhir ini membahas tentang pembelajaran teknik dasar bermain billiard. Keadaan saat ini pemebelajaran dilakukan media buku atau kursus billiard dengan orang yang sudah berpengalaman dalam bermain billiard. Buku yang mengajarkan tentang teknik dasar bermain billiard sangat jarang terdapat di Indonesia, dan jika ada pasti akan disajikan dalam bahasa asing. Selain itu buku juga kurang interaktif, sehingga orang yang bela jar pasti akan merasa bosan jika melihat tulisan dan gambar sajatanpa disertai video. Sedangkan untuk kursus belajar bermain billiard adalah cara yang paling cepat dikuasai oleh pemula yang belajar bermain, hanya saja kursus billiard sangat jarang ditemukan dan biaya yang harus dikeluarkan sangat banyak. Biaya yang dimaksud adalah biaya untuk membayar pelatih dan biaya sewa meja selama berlatih. Untuk mengatasi permsalahan tersebut, maka penulis berinisiatif untuk mcmbuat aplikasi multimedia pembelajaran teknik dasar bermain billiard. Dalam aplikasi multimedia ini tebagi menjadi 5 bagian, yaitu materi pendahuluan, materi inti, latihan, evaluasi, dan permainan. Untuk materi inti dan pendahuluan. terdapat gambar-gambar dan video-video tentang billiard yang menunjang dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh pemula. Setelah selesai belajar, pengguna aplikasi bias mengukur pengetahuan tentang billiard dar materi-materi yang sudah dipelajari dengan masuk pada menu latihan atau evaluasi. Jika pengguna bosan untuk belajar, bias memanfaatkan menu permainan untuk melepaskan ketegangan. Selain itu, aplikasi ini disajikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa lnggris. U ntuk para pengguna yang kurang menguasai Bahasa lnggris dapat menggunakan Bahasa Indonesia dalam penyajian materi maupun latihan dan evaluasi. Untuk pengguna yang menguasai Bahasa Inggris, dapat menggunakan Bahasa Inggris dalam penyaj ian materi. Uji coba untuk aplikasi multimedia ini dilakukan dengan proses verifikasi dan validasi. Untuk proses verifikasi, uji coba dilakukan agar aplikasi multimedia ini benar-benar bebas dari kesalahan. Sedangkan pada proses validasi, uji coba dilakukan agar aplikasi ini dapat membantu dalam pembelajaran dan pemahaman teknik dasar bermain billiard.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Apliksi Pembelajaran, Billiard
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 23 Nov 2015 07:16
Last Modified: 23 Nov 2015 07:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26148

Actions (login required)

View Item View Item