Hubungan antara Self Efficacy dengan Kecemasan dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2012 Di Universitas Surabaya

Prabowo, Dian Perwitasari (2014) Hubungan antara Self Efficacy dengan Kecemasan dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2012 Di Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_428_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_428_Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/240204

Abstract

Kurikulum dapat dimaknai sebagai suatu dokumen atau rencana tertulis mengenai kualitas pendidikan yang harus disusun oleh lembaga pendidikan melalui suatu pengalaman belajar. Perubahan kurikulum dari Kurikulum Berbasis Isi (KBI) ke Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) terjadi di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya tahun ajaran 2014-2015. Berdasarkan hal tersebut berdampak terhadap mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self efficacy dengan kecemasan dalam menghadapi perubahan kurikulum pada mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Psikologi Universtas Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode incidental sampling sehingga peneliti mengambil 80 mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi antara self efficacy dengan kecemasan dalam menghadapi perubahan kurikulum dengan nilai Spearman Correlation Coefficient r = -,563 (sig 0,000 < 0,05). Oleh karena itu, ada hubungan negatif antara self efficacy dengan kecemasan dalam menghadapi perubahan kurikulum. Self efficacy yang sedang dan tinggi ditentukan oleh adanya pembekalan yang diberikan pihak Fakultas Psikologi Universitas Surabaya sebelum menjalani KBK dan adanya penilaian positif terhadap KBK oleh subjek penelitian.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: self efficacy, kecemasan terhadap perubahan kurikulum, KBK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 30 Nov 2015 06:20
Last Modified: 30 Nov 2015 06:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26225

Actions (login required)

View Item View Item