Penelitian Replikasi : Fashion Innovativeness dan Self Concept Pada Emerging Adulthood

Akbar, Reza Z. (2014) Penelitian Replikasi : Fashion Innovativeness dan Self Concept Pada Emerging Adulthood. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
P_836_Abstrak.pdf

Download (63Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/240189

Abstract

Fashion innovativeness adalah sebuah rasa yang ada pada diri individu terkait dengan passion dalam sejauh mana mengikuti perkembangan dunia atau item fashion terbaru.Fashioin Innovativeness diduga dapat mempengaruhi konsep diri atau self concept seseorang karena tiap individu memiliki keinginan ingin dibedakan dengan kelompok. Subjek penelitian ini menggunakan mahasiswi angkatan 2011 dan 2012 dengan rentang usia 18-25 tahun karena pada tahap usia ini terjadi re-evaluasi mengenai kepercayaan dan sikap yang dianut sejak kecil sehingga akan terbentuk sebuah kepecayaan baru seiring proses interaksidengan orang lain. Tahap usia 18-25 tahun ini disebut sebagai emerging adulthood.Alasan dipilihnya subjek perempuan karena menurut peran gender, perempuan lebih memperhatikan penampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara fashion innovativeness dan self concept pada emerging adulthood.Pengambilan data dilakukan kepada angkatan 2011 dan 2012 dengan total populasi 256 mahasiswi. Adapun teknik yang digunakan dalam pembagian kuisioner adalah proporsional accidental sampling. Berdasarkan hasil yang diperoleh, fashion innovativeness dan self concept memiliki nilai korelasi (p = 0,371)dan nilai yang diperoleh adalah 0,080. Hasil tersebut menunjukan tidak ada korelasi antara kedua variabel tersebut. Faktor demografis menjadi salah satu penyebab utama dalam menghambat fashion innovativeness. Keberagaman suku dan budaya di kota besar seperti Surabaya telah memberikan kenyamanan serta fasilitas yang lengkap kepada perempuan sehingga tidak lagi melakukan inovasi dalam fashion. Saran yang bisa diberikan kepada perempuan yang memasuki tahap emerging adulthood agar bisa terus memunculkan sisi kreatif dan memunculkan ide berinovasi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: fashion innovativeness, self concept, emerging adulthood
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 08 Dec 2015 05:10
Last Modified: 08 Dec 2015 05:11
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26339

Actions (login required)

View Item View Item