ANALISA STRATEGI BISNIS BAGI USAHA ROKOK PT X

Pratama, Aditya and Rinawiyanti, Esti Dwi and Lianto, Benny (2015) ANALISA STRATEGI BISNIS BAGI USAHA ROKOK PT X. In: Prosiding Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (SEMNASTI). Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang. ISBN 978-602-73549-0-6

[img]
Preview
PDF
Analisa Strategi Bisnis Usaha Rokok_Abstrak_2015.pdf

Download (364Kb) | Preview
[img] PDF
Analisa Strategi Bisnis Usaha Rokok_2015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448Kb) | Request a copy

Abstract

PT. X adalah perusahaan rokok jenis SKM golongan II. Supaya tetap bertahan dan mempunyai keunggulan daya saing, PT X perlu merancang strategi untuk pengembangan bisnisnya. Studi ini dilakukan untuk mengetahui posisi perusahaan saat ini, menganalisis lingkungan internal maupun eksternal perusahaan, serta menetapkan strategi bisnis yang tepat bagi PT. X. Data primer didapatkan dari wawancara dengan pihak perusahaan serta penyebaran kuisioner kepada pelanggan dan data sekunder diperoleh dari data perusahaan. Studi diawali dengan analisis kompetitif dengan model kekuatan bersaing Porter. Lalu analisis SWOT untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal PT. X. Berikutnya tahap input menggunakan IFE matriks (nilai 2,78) dan EFE matriks (nilai 2,19). Pada Competitive Profile Matrix diketahui bahwa PT. X ( nilai 3,09375) berada di posisi ketiga dibandingkan dengan dua pesaingnya. Di tahap pencocokan Grand Strategy Matrix (GSM) PT. X berada pada kuadaran III dan pada Matriks Internal-Eksternal (IE) PT. X di bagian V (mempertahankan dan memelihara). Selanjutnya tahap keputusan dengan Quantitive Strategic Plannung Matrix (QSPM), strategi terpilih concentric diversification (nilai paling besar 6,85). Kemudian dirancang tujuh usulan strategi, di mana berdasarkan diskusi dengan perusahaan terdapat dua strategi prioritas dan dapat diimplementasikan, yaitu memproduksi rokok baru dengan kandungan tar dan nikotin yang rendah dan memproduksi rokok dengan kandungan menthol.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: perusahaan rokok, strategi bisnis, concentric diversification, pengembangan produk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 14 Dec 2015 09:10
Last Modified: 14 Dec 2015 09:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26374

Actions (login required)

View Item View Item