Pembuatan RPG Our Journey dengan RPG Maker VX Ace

Ariany, Astrid (2015) Pembuatan RPG Our Journey dengan RPG Maker VX Ace. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_185_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MMD_185_Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/240125

Abstract

RPG Our Journey yang merupakan adaptasi dari RPN (Role-Play Novel) Our Journey pertama kali dikembangkan pada tahun 2004 dengan menggunakan RPG Maker XP. Versi alpha dari RPG ini telah dirilis pada tahun 2006, namun pembuatannya terhenti oleh karena kurangnya tenaga dan waktu dari sisi developer. Di sisi lain, identitas dari game ini terasa masih kurang bila dibandingkan dengan game-game lain yang dibuat dengan RPG Maker sebab tidak adanya keunikan dari sisi aset yang digunakan. Selain itu, RPG Maker XP pun sudah mulai ditinggalkan dengan munculnya RPG Maker VX Ace. Untuk mengatasi masalah ini, RPG Our Journey dibuat ulang dengan menggunakan RPG Maker VX Ace. Latar belakang dan jalan cerita yang digunakan kurang lebih sama dengan RPG Our Journey versi sebelumnya. Elemen-elemen yang masih dipertahankan dalam RPG ini meliputi karakter, sistem job/class yang disebut karsh, statistik, random encounter, dan sistem waktu Gaia. Sedangkan sistem yang diperbarui pada RPG Our Journey v0.3 antara lain sistem quest yang dulunya tidak ada. RPG Our Journey yang dibuat ulang menjadi versi 0.3 memiliki logo sendiri yang ditampilkan pada halaman judul. Seluruh opening scene telah diperbarui sehingga lebih mirip dengan cerita asli dari RPN Our Journey. Karakter pemain yang dulunya menggunakan free resource dari berbagai macam sumber juga telah didesain ulang. Selain itu, seluruh peta dibuat ulang dengan menggunakan teknik parallax mapping untuk mengurangi kesan monoton yang muncul pada peta-peta yang didesain menggunakan editor standar RPG Maker. Karena ukuran peta yang besar berpengaruh terhadap kecepatan loading game, beberapa peta diperkecil ukurannya atau dibagi menjadi beberapa bagian untuk mengurangi space yang tidak perlu. Seluruh pembuatan aset grafis menggunakan software Adobe Photoshop. Pembuatan identitas dari game ini tercapai dengan adanya logo dan karakter yang telah didesain sendiri dan bentuk peta yang jauh berbeda dari peta yang dibuat dengan editor standar RPG Maker. Karena grafis dan frame rate permainan masih menjadi prioritas dalam sebuah RPG, pembuatan RPG Our Journey dengan RPG Maker VX Ace dapat membuat RPG Our Journey menjadi lebih menarik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: RPG, RPG Maker VX Ace, parallax mapping
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 21 Dec 2015 08:05
Last Modified: 21 Dec 2015 08:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26410

Actions (login required)

View Item View Item