Desain Knowledge Management System Untuk Menyediakan Informasi yang Digunakan Sebagai Problem Solving Penentuan Kelas Paralel di TU FE Ubaya

Yongnardi, Novita (2007) Desain Knowledge Management System Untuk Menyediakan Informasi yang Digunakan Sebagai Problem Solving Penentuan Kelas Paralel di TU FE Ubaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2114_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2114_Abstrak.pdf

Download (378kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152718

Abstract

Saat ini dunia sudah memasuki era eknonomi berbasis pengetahuan (knowlede based economy atau disebut knowledge economy). Knowledge economy merupakan perekonomian yang secara langsung didasarkan atas proses produksi, distribusi serta penggunaan knowledge. Ada beberapa tantangan pada saat era knowledge economy agar menjadi organsasi yang unggul, yaitu: kolaborasi, inovasi, adaptasi, penguasaan teknologi dan pasar. Tantangantantangan inilah yang mendorong munculnya kebutuhan terhadap penerapan knowledge management. Knowledge management adalah sebuah proses yang membantu organisasi mendefinisikan, memilih, mengorganisasikan dan menyebarkan informasi dan knowledge yang dimiliki oleh suatu organsasi kepada orang, dan pada saat yang tepat yang digunakan sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi dan juga untuk memberikan nilai tambah bagi organisasi. Ada 2 jenis pengetahuan yang dimiliki oleh organisasi, yaitu: tacit knowledge dan explicit knowledge. Tacit knowledge (know why) adalah knowledge yang terletak di mind atau melekat dalam diri seseorang, sedangkan explicit knowledge (know how) adalah knowledge yang sudah didokumentasikan, sehingga lebih mudah didistribusikan dan dikelola. Tantangan yang dihadapi oleh organisasi saat sekarang adalah sebagian besar knowledge yang tersedia dalam bentuk tacit knowledge yang dimiliki oleh para karyawan tertentu yang mempunyai mobilitas tinggi. Tantangan inilah yang menjadi salah satu dibutuhkannya knowledge management dalam organisasi karena tujuan dari implementasi knowledge management adalah agar perusahaan dapat menjaga knowledge yang dimiliki tetap terpelihara dan senantiasa tersedia untuk dipelajari oleh karyawan yang membutuhkan. Agar knowledge menjadi knowledge organisasi, maka perlu dilakukan konversi tacit knowledge yang dimiliki menjadi explicit knowledge. Penelitian ini mencoba untuk mengkonversikan tacit knowledge yang dimiliki menjadi explicit knowledge, dengan menerapkan knowledge baru yang digunakan untuk menentukan kelas pararel di TU FE UBAYA.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 07 Jan 2016 03:43
Last Modified: 18 Jan 2016 02:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26455

Actions (login required)

View Item View Item