Rancangan Program Manajemen Perubahan Guna Meningkatkan Quality of Work Life dengan Menyeimbangkan Kehidupan Kerja dan Kehidupan Pribadi

Kovara, Shanna (2015) Rancangan Program Manajemen Perubahan Guna Meningkatkan Quality of Work Life dengan Menyeimbangkan Kehidupan Kerja dan Kehidupan Pribadi. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MPSI_189_Abstrak.pdf

Download (230Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/240505

Abstract

Makin berat persaingan di dalam dunia usaha menuntut karyawan bekerja dengan ektra untuk mencapai hasil yang diharapkan oleh organisasi. Pihak manajemen perlu untuk lebih memperhatikan kualitas kinerja dan kualitas hidup karyawan dengan memberikan program Quality of Work Life (QWL). Penelitian ini di lakukan di PT. X yang bergerak di bidang manufaktur. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT.X kantor pusat. Hasil Pra asesmen menunjukkan aspek yang ingin dikaji lebih dalam adalah keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi (WNWLB). Para karyawan mengalami kendala dalam menghadapi keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Tahap selanjutnya adalah tahap asesmen, yang dilakukan dengan wawancara dan Focus Group Discusstion (FGD). Analisis data FGD menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT). Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa karyawan PT. X mengalami resistensi terhadap program sehingga sulit menyesuaikan dengan sistem dan kebijakan perusahaan yang baru dan budaya guyub memengaruhi kinerja. Salah satu bentuk intervensi yang dilakukan adalah membuat program manajemen perubahan. Program ini dilakukan untuk menghadapi perubahan dan merupakan sarana untuk tercapainya kinerja yang diharapkan akan meningkatkan kualitas kehidupan kerja para karyawan. Tujuan program perubahan adalah untuk memperbesar nilai penerimaan karyawan terhadap perubahan dan diterima dengan positif oleh karyawan. Menurut Lewin, ada tiga langkah melakukan perubahan organisasi, yaitu: unfreeze, move, dan refreeze. Program yang diberikan adalah program unfreeze dengan tujuan untuk membentuk kesadaran diri karyawan untuk menghadapi perubahan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa program unfreeze yang dilakukan dapat membangkitkan kesadaran karyawan untuk berubah. Hal ini terlihat dari perubahan perilaku yang dilakukan oleh karyawan PT.X.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keseimbangan kerja, kehidupan pribadi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 18 Jan 2016 07:34
Last Modified: 18 Jan 2016 07:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26526

Actions (login required)

View Item View Item