Setiawan, Fransiscus Darma (2015) Aktifitas Physical Distribution dalam Menagani Customer Complaint di PT PABOXIN Sidoarjo. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_5078_Abstrak.pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
Persaingan industri manufaktur sangatlah ketat, pesaing baru dapat masuk ke industri manufaktur dengan relatif mudah, serta pemasok dan pelanggan dapat meningkatkan tawar menawar. UD. Akas Plastik merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan biji plastik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penataaan, kebersihan serta kondisi kerja menggunakan metode 5S pada UD. Akas Plastik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan membaca data, mempelajari kata kunci, menuliskan model yang ditemukan. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) pada seiri, perbaikan dilakukan dengan penyortiran barang-barang yang berantakan dengan memberikan tali rafia berwarna sebagai penanda; (2) pada seiton, perbaikan dilakukan dengan memberikan kode pada palet dan rak, serta label pengenal pada barang yang dipilah; (3) pada seiso, perbaikan dilakukan dengan penyadaran akan menjaga kebersihan dan pembenahan sistem pipa tanam; (4) pada seiketsu dilakukan perbaikan dengan tagline berisi ajakan menjaga kebersihan dilengkapi dengan jadwal piket; (5) pada shitsuke dilakukan perbaikan dengan menetapkan SOP pada segala aktivitas.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | physical distribution, customer complaint |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 27 May 2016 03:57 |
Last Modified: | 27 May 2016 03:57 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27859 |
Actions (login required)
View Item |