Hubungan Antara Minat Belajar dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS

SASABONE, MARIA JOHANNA (2016) Hubungan Antara Minat Belajar dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_273_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_273_Abstrak.pdf

Download (650kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241862

Abstract

Bentuk keberhasilan siswa dalam pendidikan ditunjukkan dengan prestasi belajar yang diperoleh pada setiap akhir semester. Untuk memperoleh prestasi belajar yang baik, salah satunya didukung oleh minat belajar dengan perasaan senang, perhatian, keterlibatan, dan ketertarikan dalam melakukan kegiatan belajar dan didukung oleh flowakademik, yaitu fokus, nyaman, memiliki motivasiintrinsik untuk belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara minat belajardan flowakademik dengan prestasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Kristen X Surabaya tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengambilan datamenggunakan skala dan angket terbuka. Skala minat belajar diadaptasi dari skala minat belajar yang disusun Wulandari dan Sumarsih (2012) dan skala flow akademik yang digunakan adalah The Flow Inventory for Student(LIS). Data dianalisis menggunakan analisis regresi ganda dengan didukung oleh uji korelasi, tabulasi silang, dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara minat belajar dan flowakademik dengan prestasi belajar dengan nilai R= 0,519 dan p = 0,000 (< 0,05). Besarnya nilai koefisien determinasi R2= 0.270, berarti sumbangan efektif minat belajar dan flow akademik pada prestasi belajar akuntansi sebesar 27%, sedangkan sisanya 73% dijelaskan oleh faktor yang lain seperti disiplin, kondisi fisiologis, kecerdasan, bakat, faktor lingkungan, metode pembelajaran. Semakin tinggi minat belajar didukung oleh semakin tingginya flowakademik maka prestasi belajar akan semakin tinggi.Pada saat siswa melaksanakan proses pembelajaran dengan disertai minat belajar yang tinggi dan mengalami flowakademik, maka siswa akan memperoleh prestasi belajar yang tinggi. Sumbangan efektif minat belajar lebih besar dari pada flow akademik terhadap prestasi belajar.Merujuk pada temuan penelitian diatas,guru hendaknya memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan prestasi belajar, yaitu minat belajar yang didukung perasaan senang, perhatian, keterlibatan dan ketertarikan dalam belajar, serta flow akademik yang didukung dengan fokus, nyaman, dan ada motivasi dari dalam diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, flow akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 08 Jun 2016 06:52
Last Modified: 08 Jun 2016 06:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27911

Actions (login required)

View Item View Item