Peran Pembelajaran dalan Penerapan Kurikulum Baru di Jurusan Akuntansi FBE Universitas Surabaya Pada Periode 2013-2015 untuk Menyiapkan Fresh Graduate dalam Memenuhi Tuntutan Profesionalisme Akuntan

Santoso, Andre Lesmana (2015) Peran Pembelajaran dalan Penerapan Kurikulum Baru di Jurusan Akuntansi FBE Universitas Surabaya Pada Periode 2013-2015 untuk Menyiapkan Fresh Graduate dalam Memenuhi Tuntutan Profesionalisme Akuntan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_3629_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_3629_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241376

Abstract

Kebutuhan akan fresh graduate terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi. Para perusahaan, badan usaha, maupun para stakeholder pun menuntut fresh graduate yang siap kerja dan dapat memenuhi tuntutan profesionalisme akuntan. Peran pembelajaran akuntansi dalam perguruan tinggi pun dituntut untuk menyiapkan fresh graduate sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan yang ada saat ini sehingga pembelajaran akuntansi diharapkan dapat terus berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat dan mengevaluasi peran pembelajaran jurusan akuntansi FBE Universitas Surabaya untuk menyiapkan fresh graduate dalam memenuhi tuntutan profesionalisme akuntan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode interview, analisis dokumen, dan kuesioner. Objek utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurusan akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya khususnya para mahasiswa semester atas, para asisten dosen, Dosen jurusan akuntansi, dan juga alumni jurusan akuntansi. Untuk menambah data yang dibutuhkan, maka terdapat beberapa objek tambahan seperti beberapa perusahaan, Kantor Pelayanan Pajak, dan Kantor Akuntan Publik yang terletak di daerah Surabaya dan sekitarnya. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan peran pembelajaran jurusan akuntansi FBE Ubaya yang masih kurang sesuai dengan tuntutan kebutuhan fresh graduate saat ini terutama dalam memenuhi tuntutan profesionalisme akuntan dan masih membutuhkan perbaikan maupun pengembangan. Jurusan akuntansi Ubaya sendiri telah menerapkan kurikulum baru yang telah disesuaikan dengan kebutuhan saat ini namun dalam beberapa proses pembelajarannya masih terdapat metode-metode yang kurang sesuai sehingga beberapa tujuan pembelajaran tidak tercapai. Beberapa faktor seperti kualitas sdm, pembelajaran soft skills, hingga terknologi juga mempengaruhi hasil pembelajaran. Tuntutan para pemberi kerja juga masih kurang dapat dipenuhi oleh jurusan akuntansi terutama dalam hal soft skills dan pemahaman mengenai teknologi untuk menyiapkan fresh graduate yang siap kerja. Oleh karena itu, masih terdapat beberapa perbaikan dan pengembangan yang harus dilakukan oleh jurusan akuntansi Ubaya dan perguruan tinggi lainnya sesuai dengan penelitian di Australia, Iran, dan Amerika.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: accounting education problem, education lag
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:25
Last Modified: 23 Jun 2016 07:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28038

Actions (login required)

View Item View Item