Hubungan Antara Self-Efficacy dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

OKTAVIANA, ELIZABETH (2016) Hubungan Antara Self-Efficacy dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_274_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_274_Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241864

Abstract

Pelajaran matematika sering digambarkan sebagai pelajaran yang paling sulit, membosankan bahkan menakutkan. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang tidak berhasil setiap kali ulangan matematika dilaksanakan. Kegagalan yang dialami siswa ini merupakan pengalaman buruk yang lambat laun dapat memicu munculnya kecemasan pada diri siswa, sehingga pada akhirnya dapat mempengaruhi perkembangan keyakinan dirinya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara self-efficacy akademik, flow akademik dengan prestasi belajar matematika. Alasan dari penelitian ini dikarenakan banyaknya siswa yang memiliki prestasi belajar matematika yang rendah. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kristen Petra 3 Surabaya tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 177 yang diperoleh melalui simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan (a) skala self-efficacy Albert Bandura untuk mengukur self-efficacy akademik, (b) The Flow Inventory for Student (LIS) untuk mengukur flow akademik, (c) dokumentasi dari nilai ulangan harian siswa kelas VIII pada semester genap tahun pelajaran 2014-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). ada hubungan positif antara self efficacy dan flow akademik dengan prestasi belajar matematika ( r = 0.489 ; R square = 0.239; p = .000); 2). ada hubungan positif antara self efficacy dengan prestasi belajar matematika ( r = 0.487 ; R square = 0.237; p = .000); 3) ada hubungan positif antara flow akademik dengan prestasi belajar matematika ( r = 0.247 ; R square = 0.061; p = .000) Implikasi dari penelitian ini adalah pada saat self efficacy berkorelasi positif dengan prestasi belajar matematika dan flow akademik juga berkolerasi positif dengan prestasi belajar matematika, maka siswa yang memilliki self efficacy tinggi dan berada dalam kondisi flow akademik diharapkan akan mendapatkan prestasi belajar matematika yang baik. Siswa yang memiliki keyakinan diri dan secara internal dalam keadaan fokus menikmati belajar matematika, akan menghasilkan prestasi belajar matematika yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: self-efficacy akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:43
Last Modified: 20 Jul 2016 07:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28107

Actions (login required)

View Item View Item