Efektivitas Pelatihan Social Skills Group Intervention (S.S.GRIN) Terhadap Self-Esteem Sebagai Program Anti-Bullying

PRADIPTA, MILA (2016) Efektivitas Pelatihan Social Skills Group Intervention (S.S.GRIN) Terhadap Self-Esteem Sebagai Program Anti-Bullying. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_280_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_280_Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/242071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self-esteem pada responden yang mengalami hambatan dalam relasi sosialnya (khususnya yang mengalami perilaku bullying). Responden yang terlibat pada penelitian ini sebanyak 4 orang dan memiliki rentang usia 10-12 tahun. Penelitian ini responden penelitian, 3) anamnesa, heteroanamnesa, dan psikotes untuk konfirmasi terhadap kondisi psikologis responden, dan terakhir 4) penerapan intervensi sesuai dengan permasalahan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi dari Self Perception Profile for Children milik Harter yang telah dimodifikasi. Lalu, desain intervensi yang dilakukan dalam format kelompok. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah adanya peningkatan skor pada sebelum dan sesudah diberikannya pelatihan, namun hasil uji statistik menyebutkan bahwa kenaikan tersebut tidak cukup signifikan (p = 0,068 > O,OS). Oleh karena itu, peneliti menggunakan observasi sebagai data komplementer untuk melengkapi simpulan penelitian. Pada analisis kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan bahwa pelatihan Social Skills Group Intervention (S.S.GRIN) memberikan pengaruh yang tidak signifikan (tidak berarti) pada self-esteem. Teknik social learning dan cognitive behavior yang digunakan pada penelitian ini dianggap belum mampu menyasar pada ranah kognitit: sehingga tidak dapat merekonstruksi pikiran individu. Selain itu, metode pelatihan yang dilalcukan dalam format kelompok dianggap kurang efektif terhadap self-esteem, sehingga dibutuhkan metode intervensi lainnya yang dapat memberikan pengaruh secara afektif dan juga kognitif terhadap self-esteem.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Self-Esteem, Social Skills Group Intervention
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 25 Aug 2016 08:05
Last Modified: 25 Aug 2016 08:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28335

Actions (login required)

View Item View Item