Hubungan Antara Minat Terhadap Musik dan Dukungan Sosial Guru dengan Motivasi Belajar Musik

SOFIANI, NITA (2016) Hubungan Antara Minat Terhadap Musik dan Dukungan Sosial Guru dengan Motivasi Belajar Musik. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MPSI_278_Abstrak.pdf

Download (59Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/242068

Abstract

Motivasi dalam semua kegiatan termasuk kegiatan mengikuti kursus musik adalah sesuatu yang penting karena motivasi sangat berperan mendorong seseorang agar dapat belajar dengan baik.Faktor yang turut mempengaruhi motivasi belajar adalah faktor minat (intrinsik) dan dukungan sosial guru (ekstrinsik). Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melihat hubungan antara minat terhadap musik dan dukungan sosial guru dengan motivasi belajar musik. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar, minat terhadap musik dan dukungan sosial menggunakan kuesioner. Subyek penelitian adalah 60 siswa-siswi yang mengikuti kursus musik. Hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan adanya hubungan yang signifikan minat terhadap musik dan dukungan sosial guru dengan motivasi belajar dengan (R=0,659, p=0,000). Hasil uji korelasi parsial antara minat terhadap musik dengan motivasi belajar musik dengan mengendalikan dukungan sosial guru menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan r=0,460, p=,000. Sedangkan hasil uji korelasi parsial antara dukungan guru dengan motivasi belajar musik dengan mengendalikan minat terhadap musik menunjukkan tidak adanya hubunnga yang signifikan dengan (r=0,220, p=0,094)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, minat, dukungan sosial guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:32
Last Modified: 07 Sep 2016 07:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28361

Actions (login required)

View Item View Item