Penyusunan Panduan Pelaksanaan Quality Circle Berdasarkan Job Characteristics Model Di Perpustakan

DEWI, WINDY CHINTYA (2016) Penyusunan Panduan Pelaksanaan Quality Circle Berdasarkan Job Characteristics Model Di Perpustakan. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MPSI_289_Abstrak.pdf

Download (119Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/242503

Abstract

Perpustakaan berperan penting bagi civitas dan non civitas akademika. Perpustakaan wajib menyediakan informasi secara lengkap dan termutakhir untuk memfasilitasi pengembangan ilmu dan penelitian. Pentingnya peranan perpustakaan, menuntut perpustakaan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik. Perpustakaan harus mampu menunjukkan kelengkapan dan kecepatan tersedianya informasi. Tuntutan saat ini untuk perpustakaan adalah dapat menjadi hybrid library. Semakin berkembanganya zaman perpustakaan dituntut untuk menjadi digital library. Perpustakaan milik Universitas Surabaya merupakan perpustakaan yang juga sedang menghadapi tuntutan tersebut. Perpustakaan ini sudah memenuhi tuntutan saat ini yaitu hybrid library dan kini sedang menyiapkan diri menuju digital library. Untuk menuju pada digital library terdapat beberapa kendala yang dirasakan. Karyawan perpustakaan tampak kurang ada keinginan untuk mengembangkan diri. Disamping itu juga muncul rasa jenuh dalam diri karyawan. Padahal menghadapi digital library diperlukan keinginan untuk menguasai hal baru, serta keinginan untuk berkembang. Berdasarkan kondisi demikian maka dilakukan proses asesmen. Melihat bahwa permasalahan yang terjadi bersifat personal dan motivasional, maka peneliti melakukan asesmen dengan berdasarkan pada job characteristics model. Asesmen tersebut mendapatkan hasil bahwa terdapat 2 dimensi job characteristics model yang masih kurang yaitu skill variety dan feedback. Kedua dimensi tersebut diatasi dengan melakukan penyusunan panduan pelaksanaan quality circle. Setelah menyusun panduan, maka dilakukan pelatihan agar karyawan dapat melakukan proses quality circle secara mandiri. Selain itu, juga dilakukan penyusunan rancangan program. Berdasarkan hasil pelatihan diketahui bahwa karyawan memperoleh informasi dan keterampilan baru mengenai quality circle. Karyawan juga menilai bahwa proses quality circle sangat berguna bagi perpustakaan. Melalui quality circle karyawan dapat saling memberikan umpan balik, masukan serta mengeluarkan pendapatnya. Oleh sebab itulah dapat disimpulkan bahwa panduan pelaksanaan quality circle merupakan intervensi yang sesuai dan dibutuhkan oleh perpustakaan Universitas Surabaya. Peningkatan kedua dimensi akan lebih efektif jika disertai dengan penerapan rancangan program yang diusulkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: job characteristics model, quality circle
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:09
Last Modified: 21 Oct 2016 07:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28531

Actions (login required)

View Item View Item