NOSELYA, EPRILIKE FEBE (2016) Penyusunan Modul Guru Peduli Agresivitas Siswa (GPAS). Masters thesis, University of Surabaya.
Preview |
PDF
MPSI_283_Abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Perilaku agresi yang terjadi di kalangan siswa Sekolah Dasar (SD) semakin banyak terjadi, namun masih banyak guru yang belum mampu menangani perilaku ini dengan cara yang efektif. Di sisi lain, perilaku agresi yang dilakukan oleh siswa harus ditangani sedini mungkin agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi siswa, keluarga, dan sekolah. Fokus penelitian ini adalah menyusun modul untuk menambah pemahaman guru mengenai perilaku agresi dan strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk menanganinya. Perilaku agresi yang ditangani berbentuk fisik maupun verbal, dan tidak tergolong dalam kategori gangguan klinis. Modul disusun berdasarkan prinsip behavioristik-kognitif, dan analisis kebutuhan guru yang berhadapan dengan perilaku agresi siswa setiap harinya. Modul ini diuji kelayakannya oleh pakar, dan 3 orang guru kelas 2, 3, dan 4 SD sebagai partisipan penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis isi. Asesmen dilakukan di SDN X, sebuah sekolah yang berada di pinggiran kota Surabaya, dengan mayoritas siswa dari latar belakang sosial ekonomi menengah ke bawah. Hasil asesmen menunjukkan bahwa guru memiliki beberapa keyakinan yang kurang sesuai mengenai perilaku agresi siswa, yaitu sikap yang cenderung apatis dan anggapan bahwa perilaku agresi adalah hal yang wajar. Modul Guru Peduli Agresivitas Anak (GPAS) dapat membantu guru untuk memiliki pemahaman yang benar mengenai perilaku agresi, dan cara menanganinya. Guru dapat menyadari bahwa perilaku agresi adalah permasalahan yang harus ditangani sedini mungkin dengan cara yang benar, bukan dengan pengabaian dan respon menggunakan perilaku agresi, seperti yang selama ini guru lakukan. Modul membahas strategi penanganan yang bersifat praktis dan dapat diaplikasikan oleh guru sehari-hari. Modul juga dapat membantu guru untuk menjalin kerjasama dengan orangtua, sehingga penanganan perilaku agresi dapat dilakukan secara optimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul, perilaku agresi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 08:22 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 08:22 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28536 |
Actions (login required)
View Item |