GONDOSAPUTRO, LOUISE (2016) Pembuatan Permainan Memasak Makanan Penutup Berbasis Film. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
MMD_226_Abstrak.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. pennainan adalah sesuatu yang digunakan untuk bermain, atau bisa juga merupakan barang atau sesuatu yang dipennainkan. Permainan, dalam kehidupan sehari-hari, juga digunakan sebagai sarana pembelajaran atau edukasi. Pada anak usia 5 - l0 tahun, proses pembelajaran menggunakan permainan akan lebih cepat diserap. Seringkali, anak belajar hal -hal baru melalui permainan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya anak yang mulai mengenal dunia memasak melalui gadget yang sekarang menjadi hal umum untuk dimainkan oleh anak usia 5 - 10 tahun. Namun, tidak semua pennainan memasak yang ada dapat dipraktekkan di dunia nyata, sehingga anak menjadi kurang paham terhadap cara pembuatan maupun bahan - bahan yang digunakan di dalam permainan - permainan tersebut. Selain itu, maraknya acara televisi yang menampilkan adu memasak antar anak juga berperan dalam menumbuhkan minat anak dalam dunia memasak. nam1JI4 sekali lagi anak tidak dapat menerapkan hal - hal yang ditontonnya dalam kehidupan sehari - hari karena tidak adanya resep yang baku serta penjelasan yang memadai. Pembuatan Permainan Memasak Makanan Penutup Berbasis Film untuk Anak usia 5 - 10 Tahun ini bertujuan untuk menimbulkan minat anak terhadap dunia memasak dengan cara yang menarik serta membantu anak dalam belajar memasak. Dengan rnenggunakan film sebagai unsur utama, diharapkan anak lebih mudah memahami proses pembuatan makanan penutup yang ada didalam permainan. Berdasarkan pada analisa yang telah dilakukan, maka pada pennainan ..Dapur Bundit" ini akan ditampilkan pula resep makanan penutup yang ada secara menyeluruh, mulai dari peralatan yang digunakan serta bahan - bahan yang dibutuhkan, juga proses pembuatan setiap menu. Selain itu, menu makanan penutup yang ada dibuat dengan berdasarkan voting suara terbanyak pada interview yang telah dilakukan. Menu - menu yang ada disusun berdasarkan tingkat kesulitan masing - masing makanan penutup. Uji coba yang ada, dilakukan dengan mengambil l0 responden untuk mencoba program lalu diinterview. Sehingga. dapat disimpulkan bahwa permainan "Dapur Bundit" telah dapat menumbuhkan minat anak terhadap dunia memasak serta membantu anak untuk belajar memasak dengan aman, baik dan benar serta menyenangkan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | film, permainan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Academic Department > Department of MKU |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 02:42 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 02:42 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28590 |
Actions (login required)
View Item |