OKTAVIANTI, YURISKA (2016) Penerapan Sistem Pengendalian Diagnostik dan Interaktif dalam Mendukung Program Corporate Social Responbility pada PT. TMB di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_3842_Abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
Selama ini badan usaha dianggap sebagai lembaga yang memberikan keuntungan bagi masyarakat, dimana menurut pendekatan akuntansi tradisional, badan usaha harus dapat memaksimalkan labanya agar dapat memberikan sumbangan yang maksimum kepada masyarakat. Keuntungan tersebut tidak hanya dirasakan oleh para shareholder, melainkan stakeholder (masyarakat, karyawan) pun juga ikut merasakan. Adanya keterkaitan antara stakeholder dengan shareholder maka penting dalam sebuah badan usaha melaksanakan tanggung jawab sosial atau yang dikenal dengan corporate social responsbility (CSR), dimana badan usaha memutuskan secara sukarela untuk memberi kontribusi kepada masyarakat dengan lebih baik dan lingkungan yang lebih lestari. Dapat dinyatakan bahwa penerapan CSR bukan lagi sekedar aktifitas tempelan yang apabila terpaksa bisa dikorbankan demi mencapai efisiensi, namun CSR merupakan nyawa badan usaha yang telah masuk ke dalam jantung strategi badan usaha. Dengan demikian, agar strategi dapat berjalan lancar maka harus memiliki program CSR yang baik. Untuk itu diperlukannya sebuah kerangka kerja berupa sistem pengendalian diagnostik dan interaktif, yang mana kedua sistem pengendalian tersebut memiliki peran yang berfokus pada strategi dan proses, sehingga dengan penerapan kedua sistem pengendalian tersebut ke dalam program CSR, maka akan menjadikan program CSR yang baik sehingga dapat membuat strategi yang diingkan berjalan lancar. Berdasarkan kondisi tersebut peneliti mencoba membahas penerapan sistem pengendalian diagnostik dan interaktif dalam mendukung program CSR pada PT.TMB di Sidoarjo. PT.TMB telah memiliki dua bentuk kegiatan program CSR akan tetapi masih jauh dari kata sempurna atau masih kurang baik, untuk itu dengan penerapan sistem pengendalian diagnostik dan interaktif mampu memperbaiki program CSR PT.TMB menjadi program CSR yang lebih baik sehingga strategi badan usaha dapat berjalan lancar dan tujuan badan usaha pun tercapai.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | corporate social responbility (csr), strategi badan usaha |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 11 Nov 2016 03:03 |
Last Modified: | 11 Nov 2016 03:03 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28595 |
Actions (login required)
View Item |