Wijaya, Cecelia Diah (2010) Efek SMS (Short Message Service) dan Pillbox pada Peningkatan Kepatuhan Pasien (Penelitian Pendahuluan pada Pasien Askes Hipertensi di Apotek UBAYA). [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
F_3006_Abstrak.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab meningkatnya risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Salah satu faktor yang diperlukan dalam keberhasilan terapi adalah kepatuhan pasien dalam meminum obatnya. Penelitian yang berkaitan dengan kepatuhan saat ini banyak difokuskan pada pasien karena pasien merupakan salah satu faktor penting dalam tercapainya kepatuhan pengobatan dan keberhasilan suatu terapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efek dari short message service (SMS) dan pillbox untuk meningkatkan kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat-obat mereka. Pada penelitian ini, dilakukan pengukuran terhadap tingkat kepatuhan dari lima orang pasien hipertensi selama enam minggu. Sebelum mereka memperoleh intervensi (kondisi awal), semua pasien memiliki kepatuhan yang rendah (tingkat kepatuhan <80%). Setelah mereka mendapatkan intervensi selama empat minggu, hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan menjadi kepatuhan yang baik (tingkat kepatuhan 2:80%). Namun, peningkatan kepatuhan ternyata tidak disertai dengan penurunan tekanan darah. Kesimpulannya adalah short message service (SMS) dan pillbox dapat meningkatkan kepatuhan pasien secara signifikan (a=0,05).
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Short Message Service, Pillbox, Hipertensi |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 04:28 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 04:28 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28903 |
Actions (login required)
View Item |