Perancangan Product Display untuk Ubaya Merchandise Store (UMS)

ANTHONY SR, ALAN (2016) Perancangan Product Display untuk Ubaya Merchandise Store (UMS). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of DMP_191_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
DMP_191_Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/244207

Abstract

Ubaya Merchandise Store ( UMS ) merupakan salah satu hasil pengembangan sarana dan prasarana dari Universitas Surabaya. UMS didirikan dengan tujuan supaya Universitas Surabaya memiliki merchandise yang mencirikan nilai dari ubaya dengan cara penjualan yaitu melalui store “Ubaya Merchandise Store”. Cara penjualan merchandise UMS melalui product display yang digunakan untuk memajang merchandise yang dijual. Product display yang menggunakan konsep terbuka, warna yang mencolok (eye catching), dapat menjadi suatu daya tarik dari konsumen potensial khususnya, karena konsumen dapat melihat dan memegang secara langsung merchandise yang sedang dijual. Sehingga dengan cara demikian, konsumen dapat memiliki rasa ingin membeli secara tiba-tiba atau tidak direncanakan. Masalah yang dihadapi oleh product display yang sudah ada yaitu konsep tertutup yang digunakan kurang efektif dalam penjualan. Beberapa konsumen mengatakan bahwa, merchandise tersebut tidak untuk dijual, melainkan hanya digunakan sebagai hiasan saja. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Melalui penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif, diketahui bahwa benar-benar sedikit pengunjung yang mengunjungi product display yang ada. Melalui penelitian yang dilakukan dengan metode kuantitatif, diketahui konten-konten komponen yang terdapat pada product display pada umumnya. Tujuan dari product display yang akan didesain ini supaya lebih menarik perhatian mahasiswa untuk dapat mengujungi store dari UMS. Selain itu, bagi pengunjung tamu orang tua dari mahasiswa, dan tamu pengunjung lainnya. Dari hasil penelitian, akan dirancang suatu product display yang memiliki konsep compact. Konsep ini menggabungkan 2 konsep sekaligus, yaitu konsep terbuka dan tertutup. Konsep terbuka dimana konsumen dapat melihat dan memegang merchandise yang sedang didisplay, dan konsep tertutup digunakan untuk menjaga merchandise yang ada di dalam product display tetap aman ketika jam kerja berakhir dan tidak ada lagi yang menjaga.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Compact, merchandise
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Product Design and Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 28 Feb 2017 07:20
Last Modified: 28 Feb 2017 07:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29011

Actions (login required)

View Item View Item