Handayani, Suryatni (2017) Penyusunan Modul Diferensiasi Instruksi ntuk Merencanakan Pengajaran di Tk SS. Masters thesis, University of Surabaya.
Preview |
PDF
MPSI_359_Abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Saat menyusun rencana pengajaran, sebagian besar guru hanya berfokus pada siswa-siswa yang mampu mengikuti pembelajaran, sedangkan bagi siswa yang “belum mampu” mengikuti mengikuti pembelajaran guru tidak menyediakan lembar kegiatan yang berbeda sesuai dengan kemampuan belajar siswa. Diferensiasi instruksi adalah salah satu proses mengidentifikasi kekuatan pembelajaran individu, dengan melakukan pengembangan serta implementasi kurikulum pembelajaran yang mengacu pada kesiapan, minat, dan profil belajar siswa (Heacox, 2002:14, Tomlinson, 2006:6, 33-35). Tujuan penelitian ini adalah memberikan pengetahuan kepada guru tentang diferensiasi instruksi, melalui modul yang disusun oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan data hasil wawancara secara mendalam, observasi, data dokumentasi, dan kuestioner yang dilakukan kepada 3 orang guru di TK SS. Guide interview yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan berdasarkan cheklist diferensiasi instruksi dari Subban (2007), dan ceklis pengetahuan guru tentang perencanaan pengajaran dari Lee Shulman (1987). Data hasil interview dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru tentang diferensiasi instruksi saat merencanakan pengajaran, sehingga rencana pengajaran yang disusun oleh guru dapat memfasilitasi kebutuhan dan kemampuan belajar siswa. Berdasarkan diseminasi yang dilakukan kepada 3 partisipan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa 100% guru merasa tampilan modul sangat menarik dan mudah dipahami, selanjutnya 100% guru menilai materi bab 1 yang membahas tentang tumbuh kembang siswa praktis untuk digunakan, kemudian pada materi bab 2 yang membahas tentang karakteristik siswa guru menilai 100% sangat setuju bahwa materi terkait cara mengenali karakteristik siswa menambah pengetahuan baru, dan langkah-langkah yang digunakan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar sangat praktis untuk dilakukan, selain itu pada materi bab 3 tentang diferensiasi instruksi guru menilai setuju bahwa materi diferensiasi instruksi merupakan pengetahuan yang baru, serta dapat menambah pengetahuan guru tentang cara menyusun diferensiasi instruksi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | deteksi tumbuh kembang, siswa TK, karakteristik belajar siswa, diferensiasi instruksi, modul. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 22 May 2017 08:05 |
Last Modified: | 22 May 2017 08:05 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29930 |
Actions (login required)
View Item |