Studi Preferensi Karakteristik Model Iklan Sabun Mandi X

-, Vinawati (2006) Studi Preferensi Karakteristik Model Iklan Sabun Mandi X. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_734_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_734_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148674

Abstract

Model iklan merupakan salah satu teknik yang digunakan oleh produser periklanan untuk menawarkan produknya melalui media iklan. Hal ini dimaksudkan agar dapat lebih meningkatkan penjualan produk. Model iklan yang memiliki daya tarik fisik sering digunakan dalam pembuatan iklan produk kecantikan. Seorang selebriti pun tak lepas untuk dijadikan model iklan sebagai penunjang efek persuasi bagi calon konsumen. Akibat semakin maraknya iklan produk kecantikan dengan "sosok" yang memiliki daya tarik tersebut, menyebabkan peneliti ingin mengetahui preferensi atau karakteristik seperti apa yang disukai oleh calon konsumen pada seorang model iklan, apa yang diperhatikan bahkan sampai disukai masyarakat. Responden dalam penelitian ini adalah wanita dewasa berusia 20-45 tahun sebanyak 30 orang dengan teknik incidental sampling. Metode penelitian ini merupakan penggabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Digunakan metode kualitatif guna mendapatkan faktor dan level dari model iklan. Kombinasi faktor dan level disebut sebagai card. Setelah stimulus card terbentuk, 8 model iklan fiktif dapat segera dibentuk sehingga angket dapat disebarkan. Hasil angket dianalisis dengan teknik conjoin melalui program spss ver 9.0. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor dari model iklan yang paling diperhatikan bahkan sampai disukai responden yang pertama adalah ukuran rambut dengan faktor importance sebesar 24.57, bentuk tubuh dengan nilai sebesar 20.69, ekspresi emosi sebesar 19.85, warna kulit dengan faktor importance 17.53, dan ukuran mata sebesar 17.36. Sedangkan karakteristik model iklan yang disukai responden antara lain model iklan yang berambut panjang dengan tingkat utility sebesar .0583, tubuhnya langsing dengan nilai sebesar .4750, tersenyum saat membawakan iklan (.0667), berkulit kuning langsat (.2333), serta memiliki ukuran mata yang lebar (.1167).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: model iklan, preferensi, conjoin.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 03 Jul 2017 06:16
Last Modified: 03 Jul 2017 06:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30157

Actions (login required)

View Item View Item