Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan Otokratis Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Katolik Don Bosco Surabaya

Andriani, Avia (2006) Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan Otokratis Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Katolik Don Bosco Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
IN_722_Abstrak.pdf

Download (49Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148595

Abstract

Dalam menjalankan aktivitas pengajaran di sekolah, maka peranan kepala sekolah mutlak diperlukan, subjek penelitian ini adalah guru di SDK. Don Bosco Surabaya, dimana kondisi yang dihadapi oleh para guru adalah gaya kepemimpinan otokratis. Dalam penelitian ini akan diuji hubungan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah dengan motivasi kerja guru di Sekolah Dasar Katolik Don Bosco Surabaya. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model korelasional dengan mengambil sampel di SDK. Don Bosco di Surabaya sejumlah 11 subjek, teknik pengambilan sampel yaitu dengan Total population Study, sedangkan pengambilan data menggunakan angket model skala Likert. Untuk data motivasi kerja guru diungkap menggunakan skala yang disusun berdasarkan teori Deci, dengan teknik analisis koefisien korelasi product moment dari Pearson Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah dengan motivasi kerja guru, dimana hasil perhitungan koefisien korelasi product moment (rxv) adalah sebesar nilai 0,993 dengan p<0,05. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu perlu untuk menambah jumlah populasi yang ada.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan otokratis, motivasi kerja, guru SD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Jul 2017 07:41
Last Modified: 05 Jul 2017 07:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30190

Actions (login required)

View Item View Item