Chandra, Julio (2017) Implementasi Pemilihan Pemasok Kertas dengan Metode Analytic Network Process pada Toko Slora Negara - Bali. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_5816_Abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Pemilihan pemasok adalah salah satu hal paling penting dalam manajemen pembelian pada rantai pasok. Pemilihan pemasok merupakan masalah yang kompleks yang melibatkan multikriteria kualitatif dan kuantitatif. Permasalahan pada perusahaan yang diteliti yakni Toko Slora, yaitu keterlambatan pengiriman dan kualitas kertas yang tidak sesuai standar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan urutan ranking pemasok sehingga kebutuhan pelanggan akan kertas dapat terpenuhi. Konsep dan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah pemilihan pemasok, hubungan antar kriteria, dan Analytic Network Process (ANP). Pemilihan pemasok dilakukan dengan metode Analytic Network Process (ANP). ANP dimulai dengan menentukan kriteria-kriteria pemilihan supplier. Kemudian kriteria-kriteria tersebut dikelompokkan ke dalam cluster sesuai dengan relevansinya sehingga didapat model ANP. Dalam penelitian ini terdapat empat cluster, yaitu alternatif, ekonomis (harga, diskon volume dan lama waktu pembayaran), keandalan supplier (kualitas, komunikasi, waktu pengiriman yang tepat, lead time dan keterlambatan), dan kinerja supplier (memelihara penjualan melalui telephone dan kinerja di masa lalu). Kemudian dibentuk ketergantungan antar kriteria. Kemudian dilakukan perbandingan berpasangan untuk setiap elemen dan cluster yang dijadikan sebagai critical factor. Dari perbandingan berpasangan yang dilakukan akan didapat tiga supermatrix, yaitu unweighted supermatrix, weighted supermatrix, dan limiting supermatrix. Hasil yang didapat dari penelitian menggunakan metode ANP adalah urutan prioritas pemasok kertas terbaik bagi perusahaan dan urutan prioritas kriteria pemilihan supplier. Ada empat supplier yang memiliki nilai prioritas tertinggi yang nilai prioritasnya berbeda jauh dengan peringkat kelima, yaitu Denpasar Indah, Nadhi, Angkasa Jaya dan Sumber Rejeki. Empat kriteria yang memiliki peringkat tertinggi adalah Harga, Kinerja di masa lalu dan Kualitas. Pemilihan pemasok menggunakan ANP menunjukkan hasil yang berbeda dengan pemilihan pemasok sebelum menggunakan ANP pada perusahaan. Hal ini dikarenakan penggunaan metode ANP memperhatikan interaksi dan ketergantungan antar kriteria pemilihan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pembelian, pemilihan pemasok, Analytic Network Process. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 06:55 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 06:55 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30741 |
Actions (login required)
View Item |