Analisis dan Desain Sistem Mananejemen Hubungan Pelanggan dengan menerapkan Konsep Recency Frequency Spending menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Studi Kasus pada Perusahaan Keramik X Pasuruan)

Absari, Dhiani Tresna (2017) Analisis dan Desain Sistem Mananejemen Hubungan Pelanggan dengan menerapkan Konsep Recency Frequency Spending menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Studi Kasus pada Perusahaan Keramik X Pasuruan). In: 5th Applied Business And Engineering Conference. (Submitted)

[img] PDF
Abstract - Analisis dan Desain Sistem Mananejemen Hubungan Pelanggan dengan menerapkan Konsep Recency Frequency Spending menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67Kb)
Official URL: http://abecindonesia.org

Abstract

Kondisi persaingan bisnis yang sangat ketat pada kondisi saat ini mengakibatkan perusahaan harus memiliki strategi kompetitif agar dapat selalu mempertahankan bahkan meningkatkan usaha bisnisnya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan loyalitas pelanggan. Manajemen hubuangan pelanggan adalah salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Degan manajemen hubungan pelanggan yang baik, karakteristik pelanggan dapat diidentifikasi salah satunya melalui data referency, frequency dan spending (RFS) yang dimiliki oleh masing-masing pelanggan dan dipakai sebagai dasar klasifikasi pelanggan. Klasifikasi pelanggan berguna dalam mengenali karakteristik pelanggan sehingga setiap pelanggan dapat memperoleh perlakuan yang sesuai dengan karakteristiknya, sehingga pelanggan merasa diistimewakan dan berdampak pada peningkatan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan desain sistem manajemen hubungan pelanggan yang menerapkan metode analisis pelanggan berdasarkan data RFS dengan memanfaatkan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) dalam menentukan klasifikasi pelanggannya nanti. RFS menjadi atribut pemilihan dan pelanggan menjadi alternatifnya. Studi kasus dan data dalam penelitian ini mengambil dari data transaksi penjualan perusahaan keramik X.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Hubungan Pelanggan, CRM, loyalitas pelanggan , SMART, RFS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Dhiani Tresna Apsari 61129
Date Deposited: 20 Sep 2017 01:35
Last Modified: 20 Sep 2017 01:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30752

Actions (login required)

View Item View Item