RINI, PUTRI ASIH SETYO (2017) Daya Prediksi Hubungan Minat Karier Riasec dan Prestasi Akademik. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
UE_230_Abstrak.pdf Download (126kB) | Preview |
Abstract
Minat menurut J. Holland (1985) adalah ketertarikan terhadap suatu pilihan pekerjaan, minat dapat dikatakan sangat berkaitan atau sama dengan tipe kepribadian. Holland mengelompokkan menjadi enam tipe kepribadian yang disingkat dengan RIASEC. Jika melihat kesesuaian antara minat, maka individu akan memperoleh hasil yang baik. Pada penelitian ini peneliti ingin melihat ada atau tidaknya kaitan minat karier RIASEC terhadap prestasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi. Penelitian ini menggunakan alat ukur panduan karier yang diadaptasi dari Personal Globe Inventory (PGI), yaitu CAIDANCE. Sampel penelitian ini diperoleh dari 315 mahasiswa fakultas psikologi Universitas Surabaya yang masih aktif berkuliah. Hasil penelitian ini yaitu dua dimensi dari RIASEC yaitu investigative (p=0,039 < 0,05) dan social (p=0,001<0,05) memiliki kaitan dengan variabel indeks prestasi kumulatif dapat di lihat dari nilai dignifikansinya (p<0,05). Dimensi realisti, artistic ,enterprising dan conventional tidak memiliki kaitan dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa fakultas psikologi (p>0,05). Simpulan penelitian ini adalah ada dua dari minat karier RIASEC yang berkaitan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) yaitu investigative dan social. Realistic, artistic, enterprising dan conventional tidak memiliki kaitan dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa fakultas psikologi Universitas Surabaya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Carear Interest RIASEC, Personal Globe Inventory(PGI) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 07:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 07:34 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30784 |
Actions (login required)
View Item |