Stigma dan Deskriminasi Berbasis Gender dalam Pengembalian Keputusan Membeli

KOESMARSONO, BENITA NATALIE (2017) Stigma dan Deskriminasi Berbasis Gender dalam Pengembalian Keputusan Membeli. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1151_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1151_Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/244595

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara gender partisipan dan stimulus gender sales asuransi yang merokok terhadap keputusan membeli polis asuransi kesehatan. Salah satu proses pengambilan keputusan membeli adalah pencarian informasi seletah itu mengevaluasi alternatif yang ada. Penampilan sales yang merokok termasuk kedalam pencarian informasi. Setelah mengetahui bahwa sales asuransi ternyata merokok, partisipan baru memilih alternatif antara sales laki-laki atau sales perempuan. Penelitian ini menggunakan metode controlled lab experiment dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan 50 mahasiswa Universitas Surabaya sebagai partisipan eksperimen yang terdiri dari 25 partisipan laki-laki dan 25 partisipan perempuan. Pengalaman langsung, lingkungan sekitar dan sikap terhadap rokok menjadi salah satu faktor pengambilan keputusan. Kriteria inklusi dan eksklusi akan di buat menurut faktor-faktor tersebut. Sikap terhadap rokok akan di kontrol menggunakan angket SAS (Smoking Attitude Scale). Partisipan akan diminta untuk memutuskan apakah bersedia untuk membeli dari agen asuransi pria atau agen asuransi wanita. Analisis data menggunakan uji chi-square dan uji contingency coefficient karena data penelitian bersifat nominal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan keputusan membeli ditinjau dari gender agen asuransi (chi-square=28,167., p=0,000). Partisipan akan lebih membeli polis asuransi dari agen asuransi perokok pria dibanding agen asuransi perokok wanita. Tidak ada perbedaan keputusan membeli ditinjau dari gender partisipan (chi-square=2,667., p=0,102). Selain itu ada asosiasi antara gender partisipan dan stimulus gender agen asuransi dengan keputusan membeli (p=0,000). Penelitian ini menunjukkan bahwa stereotype gender dan stigma rokok mempengaruhi keputusan membeli suatu produk. Hasil penelitian ini memberikan bukti yang menguatkan teori dual-system, dimana individu mengambil keputusan membeli bukan karena berbasis pemikiran rasional, tetapi lebih kepada pemikiran intuisi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Stereotype Gender, Stigma Roko
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 28 Sep 2017 07:48
Last Modified: 28 Sep 2017 07:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30794

Actions (login required)

View Item View Item