Hubungan Antara Penyesusaian Akademik dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Tahun Pertama

HUTOMO, LYSANDRA (2017) Hubungan Antara Penyesusaian Akademik dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Tahun Pertama. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_449_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_449_Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/244559

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya korelasi antara penyesuaian akademik dengan prestasi belajar pada mahasiswa tahun pertama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah 295 subjek dari mahasiswa angkatan 2015 dan 2016. Penelitian ini menggunakan kuesioner Student Adaptation and Perception Survey (SAPS) dengan uji korelasi product moment dari Pearson. Ada korelasi antara penyesuaian akademik dan prestasi belajar IPS (Indeks Prestasi Semester) pada angkatan 2015 dengan p=.017 (<0.05) dan r=.163 (<0.3), dan prestasi belajar nilai kuis dengan p=.038 (<0.05) dan r=.233 (<0.3) pada angkatan 2016. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian akademik dengan prestasi belajar pada mahasiswa tahun pertama. Peneliti turut melakukan wawancara pada kedua angkatan. Mahasiswa angkatan 2015 mengakui bahwa telah mampu melakukan penyesuaian akademik guna mendapatkan prestasi belajar yang tinggi. Mahasiswa angkatan 2016 mengakui bahwa belum mampu melakukan penyesuaian akademik dan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Akademik, Prestasi Belaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 05 Oct 2017 06:50
Last Modified: 05 Oct 2017 06:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30829

Actions (login required)

View Item View Item