Pembuatan Board Game dan Fitur Panduan Augmented Reality Berbasis Mobile

Gunawan, Yennly (2017) Pembuatan Board Game dan Fitur Panduan Augmented Reality Berbasis Mobile. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_252_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MMD_252_Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/245359

Abstract

Fakultas Teknik Universitas Surabaya Jurusan Informatika memiliki sebuah kelompok peminat pembuatan game yang sedang mengembangkan sebuah game mobile dengan tema pengantar makanan. Game ini memiliki peluang untuk dibuat versi board game, karena akan menghasilkan game yang memiliki social interaction antar pemain dan experience bersaing yang berbeda dengan apabila dimainkan secara digital. Kelemahan dari game yang menarik dan inovatif adalah, proses memahami game tersebut bagi beberapa orang cukup susah (Burgun, 2012). Untuk melengkapi board game ini, akan disediakan panduan permainan dalam bentuk digital menggunakan fitur Augmented Reality. Panduan permainan ini akan membantu pemain untuk lebih mengerti cara bermain dan fungsi alat yang terdapat dalam board game. Analisis dilakukan terhadap game digital dan aplikasi sejenis. Tahap analisis juga dilakukan dengan wawancara terhadap pemain board game dan non board game. Gameplay board game didesain menggunakan AGE Framework dan tema diangkat dari tema game digital. Komponen board game terdiri dari papan, kartu dan pion yang didesain dan dibuat menggunakan Adobe Illustrator. Aplikasi panduan dibuat menggunakan aplikasi Unity dengan bantuan SDK Vuforia. Board game dan aplikasi panduannya kemudian diuji cobakan kepada 8 orang. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa aplikasi panduan sudah membantu pemain untuk memahami peraturan, fitur Augmented Reality membantu pemain memvisualisasikan pengaturan komponen. Dari segi gameplay pemain merasa gameplay sudah menyenangkan untuk dimainkan. Saran dari pemain untuk aplikasi panduan adalah agar urutan bagian penjelasan supaya lebih urut dan pada pembukaan halaman yang menggunakan Augmented Reality lebih cepat. Dari segi gameplay pemain menyarankan untuk menurunkan harga kendaraan supaya pemain dapat membeli kendaraan pada awal permainan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Board Game, Augmented Reality, Panduan, Game Digital, Pecel.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 09 Oct 2017 06:13
Last Modified: 09 Oct 2017 06:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30850

Actions (login required)

View Item View Item