Perbedaan Pengaruh Musik Klasik dan Musik Gamelan Terhadap Efektivitas Membaca

Widharatnasari, Widya (2006) Perbedaan Pengaruh Musik Klasik dan Musik Gamelan Terhadap Efektivitas Membaca. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_229_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_229_Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151932

Abstract

Musik memiliki peran yang sangat penting dalam banyak hal, terutama kemampuan afektif dan kognitif. Musik klasik di yakini sudah banyak memberikan pengaruh dalam belajar. Musik gamelan, musik yang banyak mengandung unsur rasa juga memiliki efek positif terhadap emosi bayi. Dalam kehidupan saat ini dimana informasi berubah dengan cepat maka membaca merupakan kegiatan penting yang selalu dilakukan setiap hari. Membaca harus dengan efektif agar dapat memperoleh informasi dengan lebih cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara musik klasik dan musik gamelan terhadap efektifitas membaca.Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental, subjek diberi perlakuan tiga kali treatment yaitu tanpa musik, musik klasik, dan musik gamelan (n=32). Tennasuk dalam efektifitas membaca adalah skor kecepatan membaca, kemampuan mengingat, dan reading comprehension. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara skor kecepatan membaca (0,0973 > 0,05), kemampuan mengingat (1,079 > 0,05), dan reading comprehension (0,911 > 0,05) dengan tanpa musik, musik klasik atau musik gamelan. Namun ditemukan perfonna perempuan secara keseluruhan lebih baik dibandingkan dengan laki -laki.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: musik klasik, musik gamelan, kecepatan membaca, kemampuan mengingat, reading comprehension
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 23 Oct 2017 09:25
Last Modified: 23 Oct 2017 09:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30964

Actions (login required)

View Item View Item