Sebuah Studi Pada Proses Idolisasi Terhadap Idola K-POP

Pradata, Hanno Avila (2017) Sebuah Studi Pada Proses Idolisasi Terhadap Idola K-POP. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of S_435_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
S_435_Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/246578

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena musik k-pop yang tengah membooming di kalangan remaja Indonesia dan dunia. Proses idolisasi, pemaknaan terhadap idola, dukungan yang diterima dan dampak positif dari seorang penggemar terhadap boyband k-pop tertentu menjadi fokus dalam penelitian ini. Informan berjumlah dua orang dan keduanya adalah remaja perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian interpretatif fenomenologis. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah IPA (Intrepretative Phenomenological Analysis) dan kredibilitas data didapatkan menggunakan metode triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa stimulasi ketertarikan terhadap musik muncul di kalangan keluarga dan juga diberikan penguatan atau reinforcement oleh keluarga juga, khususnya dalam penelitian ini adalah ibu. Dalam proses idolisasi ini pun ada hambatan berupa tantangan dari ayah yang direaksi dengan kebohongan dan histeria tangisan oleh informan, sehingga perilaku target bisa dicapai. Dukungan yang diterima oleh informan berupa emosional dan instrumental, membuat perilaku idolisasi semakin menguat. Dalam proses idolisasi ini, informan juga mendapatkan hambatan dari luar, yaitu mendapatkan perilaku bullying dikarenakan menyukai jenis musik k-pop yang bernuansa feminitas ini. Fanatisme informan yang menguat akan memunculkan internalisasi, yang berujung pada munculnya fantasi dan imajinasi pada idolanya. Fantasi ini berbentuk penghayatan bahwa idola sebagai kekasihnya, serta memunculkan fantasi seksual dari informan terhadap idolanya. Idolisasi ini juga dapat dilihat dari bagaimana media menanamkan nilai pada masyarakat melalui tontonan yang disuguhkan. Para penggemar memilih idola yang ditampilkan di media lalu menjadi tertarik akan kepribadian mereka di layar kaca. Ketertarikan ini mendatangkan belief atau kepercayaan dimana apapun yang dilakukan oleh idolanya patut dibela oleh para penggemar.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Proses idolisasi, fenomenologis, k-pop/Korean pop, idola, pemaknaan dan penghayatan, fantasi, kultivasi, belief perseverance
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 25 Oct 2017 08:31
Last Modified: 25 Oct 2017 08:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30993

Actions (login required)

View Item View Item