Efektivitas Penerapan TEACCH Untuk Meningkatkan Kemandirian Penyelesaian Tugas Pada Anak Autis Saat di Kelas

-, WINDY (2017) Efektivitas Penerapan TEACCH Untuk Meningkatkan Kemandirian Penyelesaian Tugas Pada Anak Autis Saat di Kelas. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MPSI_381_Abstrak.pdf

Download (236Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247286

Abstract

Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan suatu bentuk gangguan dalam tiga area perkembangan yaitu kemampuan dalam berinteraksi sosial, kemampuan dalam berkomunikasi dan berimajinasi. Gangguan tersebut menyebabkan anak ASD mengalami buta pikiran sehingga anak ASD lebih mudah menangkap informasi secara visual dibandingkan melalui auditory. Kesulitan dalam memahami informasi secara auditory menyebabkan saat di kelas siswa ASD kesulitan untuk memahami instruksi yang disampaikan oleh guru secara verbal sehingga anak ASD tidak mampu melaksanakan tugasnya secara mandiri. Kurangnya kemandirian pada anak ASD terlihat pada waktu reaksi yang lama saat diberikan tugas, waktu penyelesaian tugas yang lambat dan seringkali guru membantu anak ASD untuk mengulang instruksi dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini merupakan jenis single case experimental design dengan menggunakan tiga subjek sebagai partisipan penyandang ASD yang berusia 10 tahun dengan kategori severity level 1 berdasarkan DSM V. Analisis statistik dengan menggunakan teknik Wilcoxon antara nilai pre-test dan post-test. Permasalahan ketiga partisipan yakni selalu harus diingatkan untuk melakukan hal sama dalam hal ini menyelesaikan tugas karena kesulitan memahami instruksi yang disampaikan oleh guru. Upaya yang dilakukan untuk menangani kasus ini peneliti menggunakan pendekatan Treatment and Education for Autistic and Related Communication Handicapped Children (TEACCH) atau yang biasa disebut dengan pengajaran terstruktur. Dengan menciptakan strukur kerja dapat membantu mengatur aktivitas yang dilakukan dengan menunjukkan secara visual pada anak ASD apa yang diharapkan dari mereka sehingga anak ASD lebih mudah memahami instruksi yang diberikan dan berespon dengan tepat. Berdasarkan hasil intervensi TEACCH diketahui bahwa secara keseluruhan (1). Waktu reaksi saat diberikan tugas dan waktu penyelesaian tugas semakin cepat dalam mengerjakan, (2). Bantuan yang diberikan oleh guru dalam menyelesaikan semakin berkurang. Selain itu, penerapan TEACCH yang terstruktur dalam menyelesaikan tugas membuat anak ASD lebih mandiri dalam mengerjakan tugas tambahan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Autism Spectrum Disorder (ASD), Kemandirian, Penerapan Program Treatment and Education for Autistic and Related Communication Handicapped Children (TEACCH)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 20 Dec 2017 07:27
Last Modified: 20 Dec 2017 07:27
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31407

Actions (login required)

View Item View Item