Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi untuk Membantu Mengontrol Stok dan Meningkatkan Layanan kepada Pelanggan

Limanto, Susana (2018) Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi untuk Membantu Mengontrol Stok dan Meningkatkan Layanan kepada Pelanggan. In: Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI), 8-10 Maret 2018, STMIK Atma Luhur Pangkal Pinang.

[img]
Preview
PDF
Naskah KNSI 2018 - Adm Toko Kue - Revisi 1.pdf

Download (349Kb) | Preview

Abstract

Toko “X” menjual berbagai macam bahan dan peralatan pembuatan kue di sebuah kota Jawa Timur. Selama ini, administrasi penjualan dan pembelian dilakukan hanya sebatas nota. Hal ini mengakibatkan toko kesulitan untuk mengontrol stok yang ada dan mengurangi kepuasan pelanggan. Saat melayani pelanggan, pegawai harus melihat langsung ketersediaan stok sehingga pelanggan harus sabar menunggu, beberapa pesanan dari pelanggan tidak dapat terpenuhi karena harus menunggu untuk dipesankan, adanya bahan yang sudah kadaluarsa, dan jumlah pembelian ke pemasok dilakukan sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Permasalahan yang ada dapat mengakibatkan toko kehilangan pelanggan dan mengalami kerugian. Untuk itu dikembangkan sebuah aplikasi untuk membantu mengontrol stok dan meningkatkan layanan pelanggan. Aplikasi yang dibuat, memberikan berbagai notifikasi dan laporan yang dapat membantu mengontrol stok dan meningkatkan layanan pelanggan. Notifikasi merupakan signal bagi pemilik untuk segera melakukan penambahan stok, mengantisipasi bahan yang akan kadaluarsa, dan menyelesaikan pesanan pelanggan. Laporan yang ada dapat digunakan untuk memperkirakan jumlah pembelian ke pemasok sehingga pesanan pelanggan dapat terpenuhi dengan cepat dan mengontrol stok guna menghindari kemungkinan hilangnya stok. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan bermanfaat untuk mengontrol stok yang ada sehingga mengurangi resiko terjadinya kerugian dan meningkatkan layanan pelanggan dengan cara mengurangi waktu pelayanan dan pemenuhan pesanan, mengurangi jumlah stok yang terbuang karena kadaluarsa, memperkirakan jumlah pembelian, menghindari antrian pelanggan, membantu pelanggan dalam menentukan produk yang dibeli dan mendapatkan informasi mengenai produk baru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, layanan pelanggan, stok
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Susana 6169
Date Deposited: 18 Jan 2018 07:34
Last Modified: 08 Mar 2018 08:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31507

Actions (login required)

View Item View Item