Limanto, Susana (2018) Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi untuk Membantu Mengontrol Stok dan Meningkatkan Layanan kepada Pelanggan. In: Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi "Peranan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Smart City" 2018. Information Technology (7). STMIK Atma Luhur, Pangkalpinang, pp. 1-7. ISBN 978-602-51481-0-1
Preview |
PDF
Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi untuk Membantu Mengontrol Stok dan Meningkatkan Layanan kepada Pelanggan_KNSI 2018.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Toko “X” menjual berbagai macam bahan dan peralatan pembuatan kue di sebuah kota Jawa Timur. Selama ini, administrasi penjualan dan pembelian dilakukan hanya sebatas nota. Hal ini mengakibatkan toko kesulitan untuk mengontrol stok yang ada dan mengurangi kepuasan pelanggan. Saat melayani pelanggan, pegawai harus melihat langsung ketersediaan stok sehingga pelanggan harus sabar menunggu, beberapa pesanan dari pelanggan tidak dapat terpenuhi karena harus menunggu untuk dipesankan, adanya bahan yang sudah kadaluarsa, dan jumlah pembelian ke pemasok dilakukan sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Permasalahan yang ada dapat mengakibatkan toko kehilangan pelanggan dan mengalami kerugian. Untuk itu dikembangkan sebuah aplikasi untuk membantu mengontrol stok dan meningkatkan layanan pelanggan. Aplikasi yang dibuat, memberikan berbagai notifikasi dan laporan yang dapat membantu mengontrol stok dan meningkatkan layanan pelanggan. Notifikasi merupakan signal bagi pemilik untuk segera melakukan penambahan stok, mengantisipasi bahan yang akan kadaluarsa, dan menyelesaikan pesanan pelanggan. Laporan yang ada dapat digunakan untuk memperkirakan jumlah pembelian ke pemasok sehingga pesanan pelanggan dapat terpenuhi dengan cepat dan mengontrol stok guna menghindari kemungkinan hilangnya stok. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan bermanfaat untuk mengontrol stok yang ada sehingga mengurangi resiko terjadinya kerugian dan meningkatkan layanan pelanggan dengan cara mengurangi waktu pelayanan dan pemenuhan pesanan, mengurangi jumlah stok yang terbuang karena kadaluarsa, memperkirakan jumlah pembelian, menghindari antrian pelanggan, membantu pelanggan dalam menentukan produk yang dibeli dan mendapatkan informasi mengenai produk baru.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem informasi, layanan pelanggan, stok |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Susana 6169 |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 07:34 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 09:32 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31507 |
Actions (login required)
View Item |