Perbedaan Self Efficacy Siswa Menghadapi Ujian Bahasa Inggris Ditinjau Dari Bentuk Latihan Bahasa Inggris

Chairani, Siti (2006) Perbedaan Self Efficacy Siswa Menghadapi Ujian Bahasa Inggris Ditinjau Dari Bentuk Latihan Bahasa Inggris. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_266_Abstrak.pdf

Download (60Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151923

Abstract

Keterampilan berbahasa Inggris bisa diperoleh dengan cara mengikuti kursus bahasa Inggris. Di dalam proses belajar kursus bahasa Inggris tersebut juga tidak bisa lepas dari ujian yang akan djlaksanakan di akhir kursus. Ujian ini merupakan alat untuk mengukur sejauh mana materi bisa diterima oleh siswa. Ketika menghadapi ujian kebanyakan siswa merasa tidak yakin akan kemampuannya. Keyakinan seseorang akan kemampuannya ini disebut self efficacy. Untuk menambah keyakinan menghadapi ujian tersebut siswa memperbanyak latihan dengan cara yang berbeda-beda diluar jam kursus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan self efficacy siswa menghadapi ujian bahasa Inggris ditinjau dari bentuk latihan bahasa lnggris. Subyek dalam penelitian adalah siswa-siswi YPIA English Course, yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitupurposive sampling. Data yang diperoleh dengan menggunakan angket. Angket yang disebarkan terdiri dari angket terbuka dan angk.et tertutup. Se[f efficacy diungkap melalui angket tertutup. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan teknik ANA VA satu arab. Dari basil analisis data diperoleh bahwa hipotesis dapat diterima, yaitu ada perbedaan self efficacy siswa menghadapi ujian antara bentuk latihan memb~ menulis, mendengarkan dan bercakap-cakap (F=3,994 dengan p < 0,05). Dibandingkan dengan latihan membaca, menulis dan mendengarkan, self efficacy paling tinggi dimiliki oleh siswa yang menggunak:an latihan bercakap-cakap dalam menghadapi ujian. Hal ini disebabkan keterampilan bercakap-cakap dalam bahasa lnggris yang paling sulit, sehingga individu yang sering berlatih dengan bercakap-cakap akan lebih yakin akan kemampuan menghadapi ujian. Di samping itu, berlatih dengan membaca juga secara signifikan lebih baik dibanding dengan cara mendengarkan (p = 0,048)

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: bahasa Inggris, bentuk latihan, self efficacy, siswa, ujian bahasa Inggris.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 06 Feb 2018 00:55
Last Modified: 06 Feb 2018 00:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31620

Actions (login required)

View Item View Item