Pembuatan Sistem Informasi Eksekutif PT. X Di Bidang Pemasaran

Agustin, Ira (2006) Pembuatan Sistem Informasi Eksekutif PT. X Di Bidang Pemasaran. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_645_Abstrak.pdf

Download (50Kb) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137310

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini, ditambah dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, kebutuhan akan informasi dalam dunia bisnis menjadi sangat penting. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi yang menghasilkan informasi yang spesifik dan strategis bagi eksekutif untuk mengambil keputusan yang tepat dalam memajukan perusahaan. Penelitian dan analisa dilakukan dengan mengadakan wawancara kepada pihak yang terkait dalam hal ini para eksekutif dan melakukan studi kepustakaan yang mencakup teori-teori dan pedoman-pedoman perancangan sistem informasi eksekutif khususnya dalam bidang pemasaran. Hasil penelitian ini adalah Sistem Informasi Eksekutif (SIE) di bidang pemasaran yang menghasilkan informasi yang spesifik dan strategis dari data dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan, yang menyajikan informasi dalam bentuk table dan grafik yang mempunyai fasilitas drill down dan drill across untuk memperoleh informasi yang lebih detail, selain itu memberikan gambaran perkiraan penjualan pada tahun mendatang. Kemampuan SIE ini akan sangat membantu eksekutif dalam mengambil keputusan khususnya di bidang merketing. Marketing merupakan suatu bagian penting yang menentukan kesuksesan suatu perusahaan. Menurut Alex (1981, p2) dalam bukunya yang betjudul "Marketing" menuliskan; bahwa tidak ada suatu perusahaan yang mampu bertahan bilamana perusahaan tersebut tidak mampu memasarkaru'menjual barang-barangljasa-jasa yang dihasilkannya. Dalam bukunya Alex juga menyatakan bahwa Marketing dapat kita misalkan suatu kegiatan dari jantung manusia. Dengan kata lain jika marketing terganggu maka kegiatan-kegiatan lain yang ada di perusahaan tersebut akan terganggu pula. Sehingga diperlukan suatu strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan lainnya untuk menguasai pasar. Evaluasi terhadap aplikasi sistem informasi dilakukan dua tahap. Tahap pertama adalah verifikasi, yaitu dengan menguji aplikasi menggunakan skenario. Tahap kedua adalah validasi, yaitu dengan melakukan wawancara dengan user. Hasil dari evaluasi menyatakan dengan dibangunnya Sistem lnformasi Eksekutif di bidang pemasaran dapat membantu eksekutif pada PT. "X" dalam menentukan rencana strategis jangka pendek maupun jangka panjang.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 17 Apr 2018 02:53
Last Modified: 17 Apr 2018 02:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31980

Actions (login required)

View Item View Item