Setio, Vidi Arif Imam (2006) Perbedaan Tingkat Kelelahan Ditinjau dari Shift Pagi, Shift Siang, dan Shift Malam. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
IN_743_Abstrak.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Berkembangnya kebutuhan transportasi berdampak pada kinerja ATC, dengan makin tinggi jalur penerbangan makin bertambah pula beban kerja ATC yang berdampak pada kelelahan yang dialami ATC. Perkembangan ini diikuti oleh PT. (Persero) Angkasa Pura dengan menerapkan shift kerja pada ATC. Dari penerapan shift terdapat perbedaan kelelahan shift kerja yang merupakan dampak dari ritme circadian.. Menurut teori ritme circadian shift malam adalah yang paling melelahkan. Shift kerja yang diterapkan oleh PT. (Persero) Angkasa Pura terdapat ciri khas yang menarik untuk diteliti yaitu pada shift malam yang mempunyai masa selama 12 jam. Penelitian ini ingin menguji perbedaan kelelahan ditinjau dari shift pagi (dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 13.00), shift siang (dimulai pukul 13.00 sampai dengan pukul20.00), shift malam (dimulai pukul20.00 sampai dengan pukul 07.00), dan faktor yang mempengaruhinya Pada penelitian ini yang menjadi Subjek adalah para petugas ATC bagian penanganan layar radar di PT. (Persero) Angkasa Pura I juanda Subjek berjumlah 30 orang. Pada penelitian ini Subjek diambil secara keseluruhan (Total Population Study).Data penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis variabel satu arah ( Anava one-way foctorial) pada program SPSS 11.5for windows
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 02 May 2018 07:57 |
Last Modified: | 02 May 2018 07:57 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32242 |
Actions (login required)
View Item |