-, Ratnawati (2018) Peningkatan Pemahaman Guru TK X Terhadap Pembelajaran Calistung Berdasarkan Prinsip-Prinsip Montessori. Masters thesis, University of Surabaya.
Preview |
PDF
MPSI_430_Abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran CALISTUNG pada guru TK “X” dengan menggunakan metode Montessori. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dilakukan di sebuah sekolah TK ”X” di Surabaya. Dilakukan analisis kebutuhan, melalui angket dan wawancara dengan guru. Didapati bahwa guru membutuhkan pemahaman pembelajaran calistung sebagai proses pengajaran kepada anak didiknya. Disimpulkan adanya kebutuhan, maka diberikan pelatihan supaya guru mampu memahami perkembangan anak usia dini dan pemahaman pembelajaran calistung.Teknik pengumpulan data menggunakan dua tes prestasi, yaitu skala perkembangan anak usia dini terdiri dari 4 aitem dan skala pemahaman calistung yang terdiri dari 4 aitem. Subyek penelitian ini sebanyak 15 guru di TK ”X” Surabaya. Berdasarkan hasil uji non-parametrik (Wilcoxon) mendapatkan hasil pada kedua materi yaitu: 1. Ada peningkatan pada materi perkembangan anak usia dini dari hasil nilai Z (-3.428) dengan p value sebesar 0,001. 2. Ada peningkatan pada materi pemahaman calistung dari hasil nilai pada nilai Z sebesar -3.425 dengan p value sebesar 0,001 dimana kurang dari batas kritis dari 2 materi yaitu 0,05. Artinya pada kedua materi mendapatkan perbedaan yang signifikan setelah pemberian pelatihan pada kedua materi yaitu materi perkembangan anak usia dini dan pemahaman calistung. Kata
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan anak usia dini, pemahaman guru, calistung, prinsip montessori. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 25 May 2018 07:01 |
Last Modified: | 25 May 2018 07:01 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32429 |
Actions (login required)
View Item |