Lavenia, Nia (2018) Hubungan Antara Money Attitude Dan Penggunaan Credit Card Dengan Compulsive Buying Produk Fashion Pada Wanita Dewasa Awal. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
IN_1252_Abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Compulsive buying merupakan perilaku berbelanja berlebih yang tidak terkontrol yang memiliki konsekunsi hutang, cemas dan funtasi. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan money attitude dan penggunaan credit card dengan compulsive buying produk fashion pada wanita dewasa awal. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif survey menyebarkan angket menggunakan teknik purposive sampling pada penelitian ini menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai tujuan penelitian ini. Penelitian ini didukung data wawancara awal dan subjek pada penelitian ini sebanyak 200 wanita dewasa awal. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik spearman’s Correlation Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan antara money attitude dengan compulsive buying dengan korelasi 0.420 dengan sumbangan efektif 22,1 % dan hubungan penggunaan credit card dengan compulsive buying dengan korelasi 0.334 dengan sumbangan efektif 12,4 %. Hasil penelitian ini menunjukan semakin tinggi money attitude dan kecenderungan menggunakan credit card akan menunjukan perilaku compulsive buying yang tinggi. Harapan dari penelitian ini subjek dapat menggunakan uang dan credit card dengan bijak saat berbelanja tidak hanya melakukan perilaku berbalnja untuk meningkatkan harga diri.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Compulsive Buying, Money Attitude dan Penggunaan Credit Card |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 04:23 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 04:23 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32732 |
Actions (login required)
View Item |