Hubungan Educational Expectations dan Stres Akademik pada Mahasiswa

Prasetyo, Tjiang Irene (2010) Hubungan Educational Expectations dan Stres Akademik pada Mahasiswa. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_373_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_373_Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132098

Abstract

Stres akademik adalah stres terkait persepsi tentang kewajiban yang dimiliki oleh individu untuk menuntut ilmu yang sangat luas, dan persepsi bahwa individu tersebut merasa tidak memiliki cukup waktu untuk mengembangkannya. Geja1a-gejala stres akademik dapat ditemukan dalam berbagai aspek, antara lain aspek fisikal, emosional, intelektual dan interpersonal. Educational expectations adalah harapan tentang pencapaian akademik yang dimiliki oleh individu yang dipengaruhi oleh nilai dan daya tarik pencapaian itu (valence), persepsi tentang seberapa sulit untuk mencapainya, dan seberapa besar keyakinan yang dimiliki oleh individu bahwa ia mampu melakukan usaha untuk mencapai harapannya itu. Educational expectations memiliki 3 komponen, yakni tujuan (goals), jalan atau cara (pathways), dan agency thinking atau goal-directed thinking. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa-mahasiswi fakultas Psikologi Universitas Surabaya dan berjumlah 120 orang, yang terdiri dari 104 orang subjek perempuan dan 16 orang subjek laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket terbuka dan skala psikologi. Angket terbuka menanyakan tentang identitas dan beberapa pertanyaan terkait stressor akademik. Dalam penelitian ini digunakan 2 skala psikologi yang digunakan untuk mengukur educational expectations (22 aitem), dan stres akademik (38 aitem). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sifatnya positif antara variabel educational expectations dan stres akademik. Hal ini diketahui dari nilai sig. yang diperoleh, yaitu sebesar 0,000 dan nilai r sebesar 0,345.Dari basil uji regresi diperoleh nilai R• sebesar 0,119. Hal ini berarti bahwa educational expectations memiliki sumbangan sebesar 11,9% pada timbulnya stres akademik. Nilai R• sebesar 0,119juga berarti bahwa 88,10% penyebab stres akademik merupakan faktor-faktor lain di luar variabel educational expectations. Kata kunci: Stres akademik, educational expectations.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Educational Expectations, Stres Akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Aug 2018 01:24
Last Modified: 01 Aug 2018 01:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32833

Actions (login required)

View Item View Item