Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Motivasi Belajar dengan Tingkat Kejenuhan Belajar Mahasiswa di Semester Pendek

Oktaphia, Soraya (2007) Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Motivasi Belajar dengan Tingkat Kejenuhan Belajar Mahasiswa di Semester Pendek. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_299_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_299_Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151898

Abstract

Perguruan tinggi sebagai lembaga formal memiliki tuntutan yang harus dipenuhi oleh anak didiknya. Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kegagalan dalam memenuhi tuntutan tersebut. Sumber kegagalan mahasiswa bisa berasal dalam diri mahasiswa (kurangnya kemauan dan motivasi belajar), dan juga dari lingkungan di sekitar mahasiswa (dosen, teman, dan keluarga). Untuk membantu mahasiswa yang mengalami kegagalan, maka perguruan tinggi mengadakan program semester pendek, dengan tujuan untuk memperbaiki nilai dan mempercepat masa studi. Mahasiswa yang mengikuti semester pendek, harus melaksanakan aktivitas belajar secara terus menerus, sehingga hal ini bisa menjadi penyebab munculnya kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar yang dialami mahasiswa justru dapat menghambat kemajuan belajar mahasiswa. Hasil survey awal diketahui bahwa dukungan sosial dari teman, dosen yang menyenangkan, dan memberikan motivasi pada diri sendiri bisa mengurangi kejenuhan belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterkaitan dukungan sosial dan motivasi belajar terhadap tingkat kejenuhan belajar mahasiswa di semester pendek. Penelitian ini bersifat kuantitatif korelasi. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket (terbuka dan tertutup), dan interview. Subyek penelitian berjumlah 37 mahasiswa yang mengikuti semester pendek di semester gasal 2006-2007. Data yang didapat dianalisis dengan teknik statistik analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh nilai F sebesar 11,438 dengan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini mengindikasikan hipotesis yang diajukan diterima, yaitu ada hubungan antara dukungan sosial dan motivasi belajar dengan kejenuhan belajar mahasiswa di semester pendek. Dukungan sosial dan motivasi belajar mempengaruhi kejenuhan belajar. Berdasarkan hasil tabulasi silang, diketahui bahwa mahasiswa yang mendapatkan dukungan sosial dan motivasi belajar tinggi, maka kejenuhan belajarnya sangat rendah. Penyebab kejenuhan belajar diantaranya perasaan lelah, karena liburan tetapi harus kuliah, dan perasaan bosan, karena kurangnya variasi dalam belajar (materi dan dosen mengajar yang sama dengan kuliah regular).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan belajar, dukungan sosial, motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Aug 2018 01:08
Last Modified: 04 Aug 2018 01:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32867

Actions (login required)

View Item View Item