Perbandingan Efektivitas Methotrexate Dengan Pengganti Methotrexate Pada Pasien Rheumatoid Arthritis ( Studi Pada Pasien Rawat Jalan di RSUD Ulin Banjarmasin)

Fauziah, Arlina (2017) Perbandingan Efektivitas Methotrexate Dengan Pengganti Methotrexate Pada Pasien Rheumatoid Arthritis ( Studi Pada Pasien Rawat Jalan di RSUD Ulin Banjarmasin). Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MFK_160_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MFK_160_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249572

Abstract

Latar belakang : Pasien rawat jalan di Poli Sub Spesialis Rheumatoid Rumah Sakit Daerah Ulin Banjarmasin dalam perjalanan terapi RA mengalami perubahan terapi, yang semula menggunakan Methotrexate berubah menjadi menggunakan Leflunomide (Arava) dan kemudian menjadi Azatioprin (Imuran) dikarenakan terjadi kekosongan obat Rheumatoid Arthritis. Adanya perubahan terapi RA maka perlu dilakukan perbandingan efektivitas antara Methotrexate dengan pengganti Methotrexate. Metode : Rancangan penelitian observasional dengan pengambilan data retrospektif. Analisis data dengan menggunakan One Way Anova dan paired t test. Efektivitas terapi pasien RA didasarkan pada aktivitas penyakit, skor Disease Activity Score 28 (DAS28) dan persentase efektivitas. Hasil: Hasil analisis dengan One Way Anova menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara semua kelompok terapi (p=0,084, p>0,05). Berdasarkan uji Post Hoc LSD diketahui terdapat perbedaan yang signifikan antara DAS28 Methotrexate awal dengan DAS28 Imuran akhir (p=0,0034, p<0,05) dan antara DAS28 Arava akhir dengan DAS28 Imuran akhir (p=0,049, p<0,05). Dan pada uji Paired t test terdapat perubahan nilai DAS28 yang signifikan antara Methotrexate awal dan akhir, DAS28 Arava awal dan akhir dan DAS28 Imuran awal dan akhir. Kesimpulan: Terdapat perbedaan efektivitas Methotrexate dengan Arava dan Imuran dengan Arava namun tidak ada perbedaan efektivitas Methorexate dengan Imuran pada pasien RA rawat jalan di RSUD Ulin Banjarmasin

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Rheumatoid Arthritis, DAS 28, Efektivitas, Methotrexate, Arava, Imuran.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 21 Sep 2018 07:05
Last Modified: 21 Sep 2018 07:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33473

Actions (login required)

View Item View Item