Perbaikan Tata Letak Parkir Mobil dengan Simulasi di Stasiun Kereta Api Gubeng Baru Surabaya

Yovita, Aillen (2018) Perbaikan Tata Letak Parkir Mobil dengan Simulasi di Stasiun Kereta Api Gubeng Baru Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4038_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_4038_Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249443

Abstract

PT. Reska Multi Usaha merupakan salah satu anak perusahaan PT. KAI yang berdiri pada tahun 2003 dan bergerak pada bidang usaha pelayanan yang meliputi service on train (SOT), perparkiran, restorasi, Loko Café, Loko Kiosk dan Cathering. PT. Reska Multi Usaha terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan, salah satunya di tempat parkir. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kepuasan pelanggan yang mengunjungi Stasiun Gubeng Baru Surabaya. Permasalahan yang dihadapi pada tempat parkir Stasiun Gubeng Baru Surabaya berdasarkan pengamatan antara lain terjadinya penumpukan pada titik-titik tertentu misalnya diantara loket masuk dengan drop off dan diantara tempat parkir ke pintu keluar. Pembagian jalan yang tidak jelas antara kendaraan ke drop off dengan kendaraan yang mencari tempat parkir, dimana jalan yang seharusnya untuk kendaraan yang mencari tempat parkir digunakan untuk menurunkan penumpang. Masalah-masalah tersebut menyebabkan kelancaran aliran kendaraan menjadi terhambat sehingga waktu di tempat parkir pun menjadi lebih lama. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah meningkatkan kelancaran aliran kendaraan yang masuk dan keluar tempat parkir Stasiun Kereta Api Gubeng Baru Surabaya. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan adanya perbaikan aliran kendaraan dan layout guna meningkatkan kelancaran aliran kendaraan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggambar layout dan aliran kendaraan di tempat parkir kondisi awal lalu mengambil data waktu tiap proses di tempat parkir. Dari data tersebut diolah untuk mendapatkan data distribusi yang akan digunakan pada simulasi ProModel. Setelah itu, membuat layout dan aliran kendaraan usulan lalu mengambil data waktu tiap proses yang tercepat pada kondisi nyata sehingga dapat menggambarkan kondisi usulan yang sudah di implementasi. Dari data tersebut diolah untuk mendapatkan data distribusi yang akan digunakan pada simulasi ProModel. Hasil dari kedua simulasi, dibandingkan untuk mengetahui kondisi mana yang lebih baik. Dari hasil simulasi didapatkan rata-rata waktu mencari parkir kondisi awal sebesar 1,536 menit dan kondisi usulan sebesar 0,737 menit. Sedangkan hasil rata-rata waktu keluar parkir pada kondisi awal sebesar 4,085 menit dan kondisi usulan sebesar 3,582 menit. Penghemtan waktu tersebut, menyebabkan rata-rata kendaraan masuk tempat parkir sebesar 48,96 %. Hal ini menunjukkan kondisi usulan lebih baik dibandingkan kondisi awal. Dari hasil tersebut menunjukkan aliran kendaraan lebih lancar pada kondisi usulan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: kelancaran, layout, tempat parkir, simulasi, dan ProModel.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:26
Last Modified: 25 Sep 2018 03:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33497

Actions (login required)

View Item View Item