Strategi Pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Pada Era Global (Studi Kasus UD Pawon Kue di Kota Surabaya)

Islami, Prastiti Nur (2018) Strategi Pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Pada Era Global (Studi Kasus UD Pawon Kue di Kota Surabaya). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
SP_1893_Abstrak.pdf

Download (170Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249060

Abstract

Lingkungan ekonomi global yang semakin berkembang membuat pelaku usaha UMKM harus merencanakan strategi yang tepat agar mampu bersaing dan berkembang. Dalam penelitian ini rencana strategi disusun melalui analisis SWOT dengan melihat lingkungan internal yaitu kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness) serta lingkungan eksternal yaitu peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) pada perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini didapat melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pada studi kasus penelitian yaitu UD. Pawon Kue. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dengan tahapan yaitu menyusun matriks IFAS dan EFAS, penggabungan matriks IFAS dan EFAS, kuadran SWOT, dan matriks SWOT. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa strategi yang tepat digunakan dalam UD. Pawon Kue adalah Strategi Agresif atau Strategi Pertumbuhan. Strategi Agresif yang dapat diterapkan dalam UD. Pawon Kue adalah mengoptipmalkan pengelo laan usaha, melakukan pengembangan produk, dan memperluas pangsa pasar.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: UMKM, Industri Makanan, Analisis SWOT
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:07
Last Modified: 08 Oct 2018 07:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33591

Actions (login required)

View Item View Item