Pengalaman Kuliah Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Secara Reflektif

Dhamayanti, Treshinta Putri (2018) Pengalaman Kuliah Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Secara Reflektif. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_488_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_488_Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249714

Abstract

Semakin lamannya berkuliah, diharapkan setiap mahasiswa dengan semester yang lebih tinggi memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa baru. Kemampuan berpikir yang dibutuhkan mahasiwa saat berkuliah salah satunya adalah kemampuan berpikir reflektif. Kemampuan berpikir reflektif ialah kemampuan berpikir secara mendalam sebelum menunjukkan suatu respon terhadap sesuatu hal. Kemampuan ini sangatlah penting bagi kalangan mahasiswa, karena dengan memiliki kemampuan berpikir reflektif dalam mengerjakan soal, ujian ataupun tugas yang diberikan oleh dosen mahasiswa diharapkan lebih berhati-hati dan sungguh-sungguh mengerjakannya, dan diharapkan pada akhirnya mahasiswa mendapatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang tinggi. Pada penelitian ini kemampuan berpikir reflektif yang dimaksudkan adalah kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan 7 tes CRT (cognitive reflection test) yang terlihat mudah, namun sebenarnya membutuhkan kemampuan berpikir reflektif sebelum menjawab. Cognitive reflection test ini merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemmapuan berpikir reflektif partisipan. Partisipan pada penelitian ini mahasiswa fakultas psikologi Universitas Surabaya angkatan 2015 sebanyak 198 mahasiswa dan mahasiswa baru 2017 sebanyak 227 mahasiswa. Hasil uji non parametrik 2 independents samples, menunjukkan bahwa antara mahasiswa 2015 IPK tinggi dengan 2017 sig 2 tailed menunjukkan 0,00, sama halnya ada beda antara mahasiswa 2015 dengan 2017 sig 2 tailed menunjukkan 0,00, yang artinya adalah ada beda antara kedua angkatan dalam kemampuannya memecahkan masalah secara reflektif, namun berbeda halnya dengan mahasiswa 2015 IPK rendah dengan 2017 sig 2 tailed menunjukkan 0,754 menunjukkan bahwa tidak ada beda pada kemampuan berpikir secara signifikan pada kedua angkatan, artinnya bahwa IPK yang tinggi dan semakin banyaknya jumlah semester yang diambil mampu meningkatkan kemampuan berpikir reflektif seorang mahasiswa, namun jika IPK yang dimiliki rendah maka pengalaman kuliah yang selama ini dimilikinya belum mampu meningkatkan kemampuan berpikir reklektif mahasiswa tersebut dan kemampuan berpikir reflektifnya masih sama dengan kemampuan mahasiswa baru.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Berpikir reflektif, cognitive reflection test, IPK, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Nov 2018 06:50
Last Modified: 09 Nov 2018 06:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33856

Actions (login required)

View Item View Item