Dinamika Kelompok Pembelajaran Kooperatif pada Kuliah Termodinamika I

Lie, Hwa and Suseno, Natalia and Fatmawati, Akbarningrum and Edrika, Ivonne (2008) Dinamika Kelompok Pembelajaran Kooperatif pada Kuliah Termodinamika I. In: Seminar Nasional Fundamental dan Aplikasi Teknik Kimia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember , Surabaya.

[thumbnail of Dinamika Kelompok_Abstract_2008.pdf]
Preview
PDF
Dinamika Kelompok_Abstract_2008.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kooperatif telah dilakukan selama beberapa semester di jurusan teknik kimia Universitas Surabaya. Pembelajaran ini bertujuan menanamkan nilai-nilai kerjasama kepada mahasiswa melalui mengerjakan tugas-tugas ataupun proyek dalam kelompok dalam kelas responsi. Nilai-nilai tentang kerjasama diambil dari Johson, Johnson and Smith yang dikenal dengan sebutan lima elemen tim yang kooperatif. Kelima elemen itu meliputi: saling ketergantungan yang positif, kontribusi dan pertanggungjawaban individu, interaksi pertemuan yang positif, ketrampilan interpersonal dan berkolaborasi serta proses dalam tim. Dalam menanamkan nilai-nilai tersebut, dosen terlebih dahulu menyusun dahulu tujuan bersama pembelajaran, merancang sistem joint reward serta peran koordinator dalam tiap kelompok untuk menstimulasi saling ketergantungan yang positif dan pertanggungjawaban individu. Agar efektif satu kelompok terdiri dari 4 orang mahasiswa yang akan bekerjasama selama I semester. Pengkondisian suasana kerjasama pada awal semester dilakukan melalui beberapa permainan atau games dalam kelompok. Dinamika kelompok mahasiswa diamati pada setiap pertemuan di kelas responsi. Apakah interaksi pertemuan yang positif sudah terbangun ataukah belum terbangun di dalam tiap kelompok. Sedangkan ketrampilan interpersonal dan berkolaborasi distimulasi dengan cara meminta mahasiswa menetapkan target nilai ujian (UTS/UAS) minimal individu dan tim yang dapat dicapai. Setelah itu mereka akan menentukan blocking time yaitu waktu yang akan dipakai untuk belajar bersama di luar jam kuliah. Evaluasi keberhasilan metode ini dilakukan pada tengah dan akhir semester. Beberapa temuan yang dijumpai saat menerapkan metode ini pada mata kuliah Termodinamika I akan dibahas pada makalah ini. Terutama berkaitan dengan nilai-nilai dalam kelompok dan perilaku mahasiswa dalam kelompok yang disebut dengan dinamika kelompok. Pada semester gasal 2006-2007 prosentase nilai adalah sebagai berikut: 60% ujian, 10% quiz, 10% tugas harian dan 10% nilai reward. Nilai reward diberikan kepada mahasiswa dan timnya yang berhasil mencapai nilai target minimal yang telah ditetapkan. Pada semester gasal 2007-7008, prosentase nilainya 60% ujian, 15% quiz, 15% proyek, 10% tugas harian. nilai reward sebesar 2% dari nilai total tengah/akhir semester diberikan kepada individu dan tim yang berhasil mencapai target nilai minimal. Penerapan Metode kooperatif pada semester gasal 2006-2007 disertai games pada awal dan tengah semester sedangkan pada semester gasal 2007-2008 tidak ada games yang diberikan. Games yang diberikan diharapkan dapat menstimulasi interaksi pertemuan yang positif selama belajar bersama. Nampaknya hal ini berpengaruh pada suasana kerjasama dalam kelompok, yaitu capaian nilai individu hampir sama dengan capaian kelompoknya untuk tahun 2006-2007, sedangkan capaian individu jauh lebih besar dari pada capaian kelompoknya untuk 2007-2008. Beberapa temuan lain akan dipresentasikan juga dalam makalah ini, yang akan menggambarkan suasana kerjasama dalam kelompok.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: dinamika, kooperatif, thermodinamika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 08 May 2013 02:04
Last Modified: 29 May 2013 02:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item