Hubungan Antara Mativasi Belajar dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi UBAYA Angkatan 2004

Rasafam, Suriani (2007) Hubungan Antara Mativasi Belajar dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi UBAYA Angkatan 2004. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_311_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_311_Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151864

Abstract

lstilah prokrastinasi sudah tidak asing lagi didengar di kalangan mahasiswa Psikologi Ubaya. Prokrastinasi sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu kecenderungan untuk menunda dalam memulai maupun menyelesaikan kinerja secara keseluruhan untuk melakukan aktivitas lain yang tidak berguna, sehingga kinerja menjadi terhambat, tidak pemah menyelesaikan tugas tepat waktu. Prokrastinasi akademik banyak berakibat negatif, tugas-tugas menjadi terbengkalai, bahkan bila diselesaikan hasilnya menjadi tidak maksimal. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan prokrastinasi, salah satunya adalah motivasi belajar yang dimiliki individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UBA Y A. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan data menggunakan angket yang diberikan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 2004. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan software SPSSforwindow versi 9.00. Berdasarkan anal isis data diperoleh hasil sebagai berikut, yaitu ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara variabel motivasi belajar dengan variabel prokrastinasi akademik (r = -0,471 dan nilai p = 0,000 ). Hal ini dapat dikatakan bahwa motivasi belajar cukup berkontribusi terhadap prokrastinasi akademik. Sumbangan efektif yang dihasilkan adalah sebesar 22,18%, sehingga masih ada faktor lain sebesar 77,82% yang dapat mempengaruhi pookrastinasi akademik mahasiswa Fakultas Psikologi UBA Y A. Ada sekitar 39,1% mahasiswa Psikologi Ubaya angkatan 2004 yang memiliki prokrastinasi akademik yang tergolong tinggi dan san gat tinggi dan sekitar 51,7% mahasiswa Psikologi Ubaya angkatan 2004 yang memiliki motivasi belajar yang tergolong rendah dan sangat rendah. Saran bagi lembaga pendidikan agar dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dengan merancang sistem perkuliahan yang tidak membosankan serta memberikan slogan dan poster-poster yang berhubungan dengan peningkatan motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi akademik, Motivasi belajar, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 28 Mar 2019 09:25
Last Modified: 28 Mar 2019 09:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34582

Actions (login required)

View Item View Item