Preferensi Konsumen Dewasa Awal Terhadap Produk Handphone

Putri, Wenny Trissiana (2006) Preferensi Konsumen Dewasa Awal Terhadap Produk Handphone. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_807_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_807_Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148517

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan faktor dan atribut apa yang menjadi pertimbangan memilih handphone, serta mengetahui preferensi konsumen dewasa awal terhadap produk handphone. Pada penelitian ini handphone yang dijadikan objek adalah handphone yang sering digunakan oleh pelajar atau mahasiswa pada umumnya, dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswa S-1 dari kalangan kelas sosial menengah atas. Penelitian ini menggunakan multi method karena menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Pada penelitian kali ini, metode kuantitatif bersifat lebih besar. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara awal pada beberapa responden untuk mendapatkan faktor serta level dari handphone dan kuesioner. Faktor dan level yang didapat dianalisis dengan teknik analisis conjoint. Pada hasil pendekatan kuantitatif akan dapat ditemukan suatu pola bentuk handphone yang disukai oleh subjek. Berdasarkan hasil conjoint didapatkan preferensi mengenai produk handphone berdasarkan skor importance dan nilai utility faktor dan level yaitu ukuran kecil dan slim (33,72%;0,2625) karena terkait dengan ke-ergonomisan produk dan kemudahan penggunaan, kisaran harga antara Rp 3juta-5juta (22,73%; 0,2181) karena terkait dengan persepsi semakin tinggi harga maka semakin tinggi kualitas , warna gelap (20,66%;0,3389) karena warna gelap memiliki kesan netral dan tidak menarik perhatian, model handphone slide (geser) (11,88%; 0,3958) karena bentuk yang unik dan simpel, dan terakhir adalah fitur yang functional (11%;0,2271) karena fitur yang benar-benar berfungsi atau berguna lebih baik daripada banyaknya fitur tambahan namun tidak berguna. Saran yang diberikan kepada produsen atau industri adalah lebih mementingkan dalam hal visualisasi produk baik dari ukuran, warna maupun model tetapi tidak melupakan faktor ergonomis dan kemudahan penggunaan selain itu sebaiknya memberikan fitur-fitur yang sekiranya berguna bagi konsumen tetapi masih terkait dengan teknologi mutakhir.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Preferensi, handphone, konsumen dewasa awal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 02 Apr 2019 06:30
Last Modified: 02 Apr 2019 06:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34615

Actions (login required)

View Item View Item